Titik Terang Naturalisasi Pemain


Jul 14, 2021

Tiga calon pemain naturalisasi untuk tim nasional Indonesia mendapatkan titik terang dalam proses pengurusan kewarganegaraan Indonesia setelah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III dan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Rabu 14 Juli.

"Kedua komisi sudah menyatakan persetujuan.  Kini kami tinggal menunggu jadwal pengambilan sumpah dan tanda tangan paspor Republik Indonesia," kata Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih. 

Ketiga pemain naturalisasi tersebut adalah Marques Bolden, Dame  Diagne dan Serigne Modou Kane. Bolden berasal dari Amerika Serikat, dua pemain lain datang dari Senegal.

Pengambilan sumpah dan penandatanganan paspor harus dilakukan sebelum tanggal 21 Juli sebagai persyaratan untuk bisa mengikuti FIBA Asia 2021 yang akan digelar di Jakarta bulan Agustus.

Kedua pemain muda asal Senegal tersebut jika bermain di FIBA Asia tidak akan dianggap sebagai pemain naturalisasi sebab mereka masih berusia 16 tahun ketika resmi menjadi warga negara Indonesia.  

"Jadwal tepatnya menunggu dari Kemenkumham," ucap Danny.