News Event

Timnas Indonesia Telan Kekalahan Kedua di Asian Games Hanzhou

28 September 2023
|

Timnas Basket Putra Indonesia kembali menelan kekalahan di ajang Asian Games 2022 di Hangzhou. Pada pertandingan kedua di babak penyisihan Grup D, Indonesia kalah 57-70 dari Jepang, pada hari Kamis (28/9). Indonesia tinggal menyisakan satu pertandingan lagi melawan Qatar di babak penyisihan. 

Pada pertandingan kali ini, timnas tidak bisa memainkan Aldy Izzatur Rachman yang mengalami cedera pergelangan kaki. Sementara head coach Milos Pejic juga terpaksa tidak bisa mendampingi tim karena sakit, sehingga harus mendapatkan perawatan intensif dari dokter. Jadi pada laga kali ini, timnas dipimpin asisten pelatih Johannis Winar. 

Timnas menurunkan starting five terbaiknya, yaitu Juan Laurent Kokodiputra, Jerome Anthony Beane Jr., Yudha Saputera, M. Arighi Hadran Noor, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Indonesia tertinggal 15-21 di kuarter pertama. Namun penampilan mereka lebih baik di kuarter ketiga dan keempat. Bahkan di kuarter ketiga, Indonesia sempat hanya berjara dua angka dari Jepang (50-52). 

Namun sayang timnas tidak bisa mengakhiri laga dengan kemenangan. Sebab mereka hanya menyarangkan tujuh angka di kuarter keempat. Yudha Saputera dan Anthony Beane tampil bagus. Yudha mencetak 12 poin, sedangkan Beane menyumbang 10 poin, enam rebound, dan tiga assist. Sebaliknya dari tim Jepang, Kazuki Hosokawa mencetak 17 poin di laga ini. 

Secara statistik, field goals timnas Indonesia tidak jauh beda dengan tim Jepang. Tetapi yang menjadi pembeda adalah rebound, terutama dari offensive rebound. Jepang mencetak 21 offensive rebound dari total 52 rebound, yang berhasil dikonversi menjadi 21 poin dari second chance. Inilah yang membunuh timnas Indonesia. Sementara dari three point, Jepang mampu memasukkan 11 three point dari 39 attempt. 

"Secara keseluruhan, saya bangga dengan cara main tim kami. Mereka fight sampai akhir," ujar Johannis Winar, usai pertandingan. "Kami sudah kontrol game-nya. Tapi masih kecolongan di offensive rebound."

Timnas Indonesia masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Qatar, yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 30 September 2023. (*)

Baca Juga: RJ Amartha Hangtuah Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

0 Comments