Indonesia Optimistis di Babak Kualifikasi FIBA World Cup 2023


Aug 31, 2021

Tim nasional putra Indonesia akan berada pada grup C babak kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia. Indonesia bergabung bersama Lebanon, Jordania dan Arab Saudi. Babak kualifikasi window pertama akan berlangsung pada bulan November.

“Kita biasanya berada pada grup Asia Timur, tetapi kali ini dipindah ke Asia Barat. Timnas Indonesia jarang bertanding dengan tim-tim Asia Barat, tetapi saya rasa grup ini cukup ideal dan menjadi tantangan buat kita,” kata manajer timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella. 

Untuk maju ke babak kedua, setiap tim paling tidak harus berada pada peringkat ketiga grup. “Melihat  peta kekuatan di grup C, kami optimistis bisa meraih peringkat lebih baik,” tutur Mocha, sapaan sang manajer. Lebanon diakui sebagai tim terkuat, namun dua pesaing lainnya, Jordania dan Arab Saudi. Mocha yakin pasukannya bisa mengimbangi.

Kapten tim nasional Indonesia, Arki Dikania Wisnu pun mengaku siap menghadapi siapa saja. “Kami belum pernah bertemu dengan tim tim dari Asia Barat, tetapi menghadapi siapa saja kita harus siap dan optimis,” tegas Arki dalam jumpa pers virtual, Selasa, 31 Agustus malam.

“Mudah-mudahan kita bisa lolos. Saya gembira melihat tim Indonesia percaya diri. Semoga dengan persiapan bagus, tim akan menjadi lebih solid,” harap Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Babak kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia diikuti 16 negara yang sudah lolos FIBA Asia 2021. Mereka dibagi dalam empat grup. Tiga peringkat teratas dalam grup akan menuju babak kedua. 12 tim yang lolos ke babak kedua akan dibagi lagi dalam dua grup dan menyaring enam tim yang lolos ke FIBA World Cup 2023.

Enam tim tersebut sudah termasuk Filipina dan Jepang, dua tuan rumah FIBA World Cup 2023, sementara Indonesia dipastikan lolos ke FIBA World Cup 2023 jika bisa berada pada posisi delapan besar FIBA Asia 2021 yang pelaksanannya ditunda ketahun 2022 karena pandemi Covid 19, jika tidak Indonesia lolos kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia ini.

Widnow pertama akan berlangsung pada 22-30 November 2021, sementara window kedua berlangsung pada bulan Februari tahun depan. “Kami akan mulai menjalani pelatnas pada bulan Oktober nanti,” ujar Mocha.

Pembagian grup Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia Grup A : Selandia Baru, Korea Selatan, Filipina, India Grup B : Australia, Cina, Jepang, Cina Taipei Grup C : Jordania, Lebanon, Indonesia, Arab Saudi Grup D : Iran, Kazakstan, Suriah, Bahrain