News Press Release

Delapan Mantan Pemain NBA di IBL 2024

13 December 2023
|

Sukses menggelar IBL Tokopedia 2023 memberi semangat baru menghadapi IBL Tokopedia 2024 yang akan mulai digelar 13 Januari 2024 dengan format dan aturan baru. Aturan baru diantaranya adalah format home and away sejak babak reguler serta ditambahnya jatah pemain asing dan heritage player bagi setiap klub.

 

"Ada harapan baru di IBL 2024.  Format home and away dan mulai 13 Januari 2024. Diharapkan pertandingan lebih menarik, meningkatkan value klub dan basket Indonesia," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah pada acara IBL Media Day 2024 di KYZN Kuningan, Jakarta, Selasa 12 Desember.

 

Tokopedia juga menyatakan gembira bisa terus mendukung IBL. “Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian grup GoTo, selalu berkomitmen mendukung talenta terbaik tanah air, termasuk di bidang basket, untuk mendapatkan kesempatan berkembang yang lebih luas,” kata Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Ramadhan Niendraputra.

 

“Pada kesempatan kali ini, Tokopedia kembali mendukung Indonesia Basketball League (IBL) dengan menghadirkan IBL Tokopedia 2024. Dengan inisiatif ini, Tokopedia juga berharap bisa mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk mendukung pebasket tanah air, serta ikut berkontribusi dalam memajukan industri olahraga di Indonesia,” sambungnya.

 

Dibebaskannya setiap klub mencari pemain asing tanpa melalu draft membuat liga akan semakin semarak. Meski batas terakhir pendaftaran roster pemain adalah pada 10 Januari 2024, sudah tercatat delapan mantan pemain NBA dan sejumlah mantan pemain G League, Euroleague, dan liga mancanegara lainnya akan berlaga pada IBL Tokopedia 2024 nanti, mereka bagian dari keseluruhan 39 pemain asing dan heritage yang akan tersebar pada 14 klub peserta IBL.

 

Delapan mantan pemain NBA tersebut berada pada lima klub. Pelita Jaya Bakrie mendaftarkan tiga mantan pemain NBA, yakni Malachi Lewis Richardson dan Thomas Earl Robinson (keduanya ex Sacramento Kings) dan Kevin OrnelMcDaniels (ex Houston Rockets). RANS Simba memiliki Jerome Jordan (ex Brooklyn Nets) dan LeBryan Nash (ex Houston Rockets). Jordan Adams (ex Memphis Grizzlies) memperkuat Dewa United Banten, dan Jabari Carl Bird (ex Boston Celtic) bergabung dengan Rajawali Medan serta Mycheal Jerome Henry (ex Memphis Grizzlies) bersama Satria Muda Pertamina.

 

Mereka diharapkan dapat menularkan ilmu kepada para pemain Indonesia. “Pertandingan akan semakin menarik dan sengit. Meningkat value masing-masing klub dan basket Indonesia,” sambung Junas.

 

“Kami mengontrak tiga mantan pemain NBA karena ingin juara setelah tiga kali beruntun hanya menjadi finalis,” kata Presiden Klub Pelita Jaya Bakrie, Andiko Purnomo. Pelita berhitung dengan matang menyikapi aturan baru tentang salary cap yang dibanderol maksimal Rp. 10 miliar bagi setiap klub.

 

Presiden klub Satria Muda Pertamina, Baim Wong tak terlalu mempermasalahkan soal salary cap. “Terpenting adalah bagaimana aturan-aturan baru ini bisa membuat bola basket Indonesia semakin maju. Satria Muda tetap ingin menjadi juara Indonesia, tetapi tentu akan bangga jika Indonesia menjadi juara,” tegas Baim.

 

Hal senada diungkap pula oleh owner RANS Simba, Raffi Ahmad. “Kami ingin dengan rules baru pertandingan lebih ketat dan bolabasket semakin dicintai di Indonesia,” kata Raffi.

 

Hadirnya pemain asing juga memberi tantangan bagi para pemain lokal. “Hal ini menjadi tantangan bagi saya menghadapi lawan-lawan yang memiliki postur lebih tinggi, ini akan memicu semangat dan bekal memperbaiki diri menghadapi tim-tim internasional nantinya,” kata point guard tim nasional Indonesia yang membela sang juara bertahan Prawira Harum Bandung,Yudha Saputera.

 

Kesatria Bengawan Solo, tim baru untuk IBL 2024 juga antusias menghadapi liga mendatang. Meski tim baru, ternyata mereka sudah memiliki pasukan yang siap berlaga. Tim ini memiliki pemain lokal andal macam Andre Rorimpandey, Kevin Moses Poetiray, Tifan Eka Pradita dan Bryan Elang. “Komposisi pemain kami sudah ada,” tegas sang pelatih Efri Meldy.

 

Selamat datang para pemain asing, selamat datang klub baru. Mari menggapai harapan dan semangat baru dalam laga-laga yang lebih sengit dan seru serta format baru. Basketball lovers, sambutlah IBL Tokopedia 2024.

Baca Juga: Debut Meriah Para Mantan Pemain NBA di IBL Tokopedia 2024

0 Comments