News Event

Timnas Indonesia Cetak Keunggulan 104 Angka dari Laos

10 May 2023
|

Pertandingan pertama Timnas Bakset Putra Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja berakhir dengan skor yang mencengangkan. Timnas menang dengan margin 104 angka (141-37) atas Laos, di Morodok Techo Stadium, Kamboja. Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi timnas untuk bisa mengamankan tiket ke semifinal. 

Starter yang dimainkan dalam laga perdana oleh head coach Milos Pejic adalah Juan Larent Kokodiputra, Jerome Anthony Beane Jr., M. Arighi Hadran Noor, Lester Prosper, dan kapten tim Andakara Prastawa Dhyaksa. Kelima pemain inti tersebut mencetak double digit point untuk timnas. Rinciannya Prastawa 21 poin, Prosper 18 poin, Arighi 12 poin, Beane 12 poin, dan Juan 11 poin.

Sementara dari bangku cadangan, pemain dengan kontribusi double digit point adalah Yudha Saputera (16 poin), Kaleb Ramot Gemilang (16 poin), Dame Diagne (13 poin), dan Widyanta Putra Teja (13 poin). Dalam game kali ini, hanya Brandone Jawato yang tidak diturunkan (DNP). Selain Jawato, semua pemain yang tampil bisa mencetak angka untuk timnas. 

Kalau dilihat dari lembar statistik, timnas mencetak 55 tembakan dari 86 attempt atau dengan precentage mencapai 63%. Namun yang paling mengesankan adalah dari 55 tembakan yang masuk ke ring Laos, 25 di antaranya adalah three point. Indonesia memasukkan 25 three point dari 45 attempt. Prastawa memasukkan enam kali three point dari tujuh pertandingan. Sementara point di paint area mencapai 60 poin untuk pertandingan kali ini, dengan second chance sebanyak 22 poin. 

Defense Indonesia juga cukup bagus. Mereka memaksa Laos melakukan 30 turnovers dalam game, dengan 22 kali steal dari pemain-pemain timnas. Kesalahan-kesalahan ini dimanfaatkan timnas dengan permainan cepat. Timnas mencetak 48 point dari skema fast break. Strategi ini juga sangat efektif ketika melawan Laos. 

Kemenangan besar menjadi modal berharga bagi timnas Indonesia. Namun Indonesia tidak boleh lengah. Karena jadwal pertandingan di SEA Games  2023 cukup padat. Dua hari lagi, mereka akan berhadapan dengan Vietnam. Indonesia harus tampil maksimal agar bisa masuk ke babak semifinal. Karena hanya ada dua tim teratas di klasemen babak penyisihan grup yang akan lolos ke babak selanjutnya. (*)

 

Credit Photo : Ariya Kurniawan

Baca Juga: Daftar 186 Pemain Asing yang Siap Didraft

0 Comments