Seharusnya Lebih Banyak Kesempatan untuk Agassi Goantara


Apr 16, 2022

Agassi Yeshe Goantara tidak muncul di IBL Tokopedia 2022. Sebab, dia harus menyelesaikan pendidikannya di luar negeri. Tetapi sebagai putra bangsa, ketika timnas memanggil, dia harus siap tampil. Agassi sendiri merupakan point guard muda yang punya penampilan luar biasa di liga. 

Agassi pertama tampil di IBL membela Stapac Jakarta di musim 2018-19. Sebagai rookie, dia bisa dikatakan sangat bagus. Dalam 20 game, Agassi bisa mencetak 6,7 PPG, 2,5 RPG, dan 1,3 APG. Setelah menjadi juara, Agassi menghilang lagi dari IBL. Dia tidak turun di musim 2020. 

Beranjak ke musim 2021, Agassi kembali ke IBL, dan mengejutkan fans ketika dirinya membela Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Pada musim reguler, Agassi tampil 16 game dengan kontribusi 13,1 PPG, 4,9 RPG, dan 2,4 APG. Sedangkan di playoff, dia mengoleksi 14,8 PPG, 6,4 RPG, dan 3,4 APG dalam 5 game. Pantas kalau dirinya langsung ditarik ke Timnas Indonesia setelah liga musim 2021 berakhir. 

Sayangnya kesempatan yang diberikan untuknya di timnas tidak banyak. Agassi sendiri juga masih meraba-raba skema yang dibuat oleh head coach Rajko Toroman pada saat itu. Sehingga dia tidak bisa tampil maksimal. Dalam 2 game di FIBA World Cup 2023 Qualifiers, Agassi mencetak rata-rata 1,5 PPG, 2,5 RPG, dan 1,0 APG. 

Kita semua berharap bahwa timnas yang turun di SEA Games nanti bisa memberikan prestasi lebih baik. Karena dari daftar pemain yang ada di TC, bisa dikatakan semuanya pemain terbaik di liga. Mereka semua akan menjalankan skema yang diracik oleh head coach Milos Pejic, di Vietnam nanti. (*)