RANS Harus Mampu Meredam Paint Area PJ


Aug 14, 2022

RANS PIK Basketball akhirnya menyerah 66-72 dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta di leg pertama Playoffs IBL Tokopedia 2022, Sabtu (13/8). Kekalahan tersebut memberikan pelajaran bagi RANS bahwa PJ sangat kuat di paint area. Sehingga di leg kedua nanti, mereka harus lebih fokus lagi menghalau pemain-pemain PJ yang memasuki paint area. 

Kalau dilihat dari field goals precentage, RANS unggul tipis dari PJ. RANS memasukkan 27 tembakan dari 68 attempt atau dengan persentase sebesar 39,7%. Sedangkan PJ memasukkan 26 tembakan dari 76 attempt, atau dengan persentase 34,2%. Bahkan kalau dari three point, juga tidak terlalu jauh. RANS memasukkan 6 three point, dan PJ memasukkan 7 three point. 

Faktor yang membuat RANS kalah, pertama adalah rebound. Terutama dari sisi offensive rebound. PJ merebut total 57 rebound, dengan offensive rebound sebanyak 24 kali. Sementara RANS mampu mengumpulkan 45 rebound. Jumlah pelanggaran RANS juga terlalu tinggi dengan 21 kali. Dari pelanggaran di paint area, PJ bisa memasukkaan 15 free throw dari 27 kesempatan. 

Dior Lowhorn tampil dominan dengan mencetak 23 poin dan 13 rebound. Kemudian Yesaya Saudale mencetak 15 poin. Dari tim RANS, sejak dipegang oleh head coach Chris Daleo, mereka bisa membuat perubahan besar. Tidak ada pemain yang dominan secara poin. Bahkan kini semua pemain RANS bisa mencetak poin, dan itu sangat berbahaya bagi PJ. 

Karena menggunakan sistem best-of-three, maka RANS masih punya kesempatan untuk melawan PJ sekali lagi. Kalau mereka kalah, maka jadi akhir perjalanan. Tapi kalau menang, maka akan digelar leg ketiga atau do or die. (*)