Ragam Sepatu Gede Surya, Dari Cibaduyut Hingga Air Jordan


Jul 19, 2020

Jakarta - Pemain Amartha Hangtuah Muhammad Surya Jayadiwangsa ingat betul, terakhir kali tahun 2010 membeli sepatu di toko sepatu. Surya (sapaan akrabnya), yang kala itu masih berseragam SMP, sudah berukuran sepatu 48.5! Pemuda kelahiran Serang, Banten ini punya banyak cerita seputar sepatu-sepatu ukuran besar yang pernah dipakainya, salah satunya sepatu sekolah yang dipesan dan dibuat di Cibaduyut, Jawa Barat. 

"Ukuran sepatu saya sudah cukup lumayan gede! Dari SD (ukuran) 47.5, SMP 48.5 yang beli untuk pertama kalinya, terus pas SMA 50.5 itu bikin di Cibaduyut.  Soalnya aturan dari sekolah warna sepatu harus hitam," ujar Surya, yang menghabiskan masa kecilnya di Rangkasbitung, ibu kota Kabupaten Lebak. 

Sebelum berseragam putih abu-abu di Kharisma Bangsa, atlet kelahiran 6 Januari 1997 ini mendapatkan hadiah sepatu Nike HyperDunk. Tiga pasang sepatu berukuran besar tersebut merupakan pemberian dari pelatih bola basket Iman Sulaiman. "Momen dan hadiah pemberian ini saya nggak bakal lupa. Tapi ya tetap aja, saya belum pernah beli sepatu basket di toko sepatu," kenang Surya, seraya tertawa. 

Selepas SMA Surya langsung terjun ke arena Indonesian Basketball League (IBL), memperkuat Satria Muda Pertamina (SM). Kala itu, dua kolega Surya di SM, Arki Wisnu dan Christian Ronaldo Sitepu, menghadiahinya sepatu Air Jordan 2 dengan ukuran 50.5 yang dibeli di Filipina. Setelah beberapa tahun berkiprah di IBL, Surya kesampaian juga beli sepatu basket di toko sepatu. Cocok, pas, dan nyaman untuk panjang telapak kaki 34 cm-nya itu. "Akhirnya dapat, Air Jordan 32, sepatu pertama beli langsung di toko setelah sekitar delapan tahun!" tuturnya. 

Seiring perkembangan zaman, penggunaaan media sosial pun bertambah fungsi menjadi wadah pemasaran produk. Surya merupakan satu dari sekian banyak pembeli sepatu berukuran besar lewat Instagram. Dari seorang pedagang langganannya di aplikasi berbagi foto dan video tersebut, pemilik tinggi badan 196 cm ini membeli lebih dari separuh lusin sepatu basket. 

Kini Surya punya banyak sepatu basket untuk keperluan latihan maupun tanding, mulai dari beberapa seri Air Jordan, Paul George, AlphaDunk, serta sepasang Adidas. Untuk jalan-jalan, ada koleksi sepatu ukuran 50.5 keluaran Puma dan Converse. Namun, masalah lain muncul saat berkemas untuk tanding di luar kota. "Dua pasang sepatu sudah cukup makan tempat satu sisi koper. Ya ini risikonya, tapi dibawa enjoy aja. Sepatu besar harus siap koper gede juga," pungkasnya.