Satria Muda Juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 Seri Surabaya


Sep 18, 2022

Pertandingan final IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022 Seri 3 berlangsung menegangkan. Satria Muda Pertamina Jakarta mendapatkan perlawanan sengit dari Bali United Basketball Club di Grand Atrium Pakuwon Mall, Surabaya. SM sempat tertinggal, namun akhirnya bisa bangkit di menit-menit terakhir untuk memastikan gelar juara. 

Mengawali laga ini, tiga pemain SM adalah Avan Seputra, M. Sandy Ibrahim Aziz, dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus. Sementara M. Rizal Falconi duduk di bangku cadangan. Sebaliknya dari Bali United menurunkan Christopher Jason, Rico Aditya, dan Surliyadin. Di bangku cadangan ada Abraham Renoldi Wenas. 

SM membuka keunggulan dengan free throw dari Sandy. Lalu, Bali United membalas poin tersebut sehingga tercipta skor 2-1. Memasuki pertengahan kuarter, tepatnya di menit keenam, pertandingan semakin sengit. Bali United bisa unggul 10-6. Tapi kemudian tembakan dua angka dari Avan Seputra membuat skor mendekat 8-10. Bali United berusaha bermain rapih dan tidak banyak melakukan pelanggaran. 

Unggul malah membuat anak-anak Bali United dalam tekanan. Mereka kembali tersusul 9-10. Sementara kontrol bola tidak bagus sehingga gagal membuahkan poin. SM berbalik memimpin di sisa waktu empat menit dengan tembakan dua angka dari Sandy. Tapi Jason bisa membuat tie-game (11-11) dengan free throw. Pertandingan di partai final ini semakin menegangkan. 

SM memimpin 15-14 di dua menit terakhir. Waktu semakin mepet sehingga kedua tim berusaha untuk segera menuntaskan permainan. Tapi malah yang terjadi, mereka membuang kesempatan dengan melakukan tembakan jarak jauh. Strategi ini berhasil bagi Bali United. Karena mereka bisa menyusul 17-18 di sisa 42 detik. 

Avan Seputra mendapatkan dua kesempatan free throw di sisa waktu 40 detik. Salah satu dari dua tembakannya masuk, sehingga bisa membuat SM unggul 20-17. SM hanya tinggal mencetak satu poin lagi untuk mengakhiri laga ini. Namun bukan poin yang mengakhiri pertandingan, melainkan waktu. Karena saat buzzer berbunyi, SM memimpin 20-18 sehingga mereka keluar sebagai juaranya. 

Ini merupakan gelar juara kedua SM di IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022. Karena sebelumnya mereka memenangkan gelar juara di seri pertama. Faktanya, SM juara lagi dengan skuad yang sama. (*)