Prawira Tancap Gas di Kuarter Pertama


Nov 13, 2022

Sebelum pertandingan final, hari terakhir IBL Indonesia Cup 2022, Minggu (13/11) mempertemukan Prawira Harum Bandung melawan Dewa United Surabaya. Ini merupakan laga perebutan juara ketiga. Mengawali laga ini, Prawira langsung tancap gas. Mereka unggul 24-15 saat kuarter pertama ditutup. 

Head coach David Singleton membuat sedikit perubahan dari sisi starter Prawira. Bryan Adha Elang Praditya yang biasanya mengisi posisi center digantikan oleh Pandu Wiguna. Sementara empat pemain lainnya masih sama, yaitu Yudha Saputera, M. Alan As'adi, M. Reza Fahdani Guntara, dan kapten tim Abraham Damar Grahita. Skuad ini tampaknya hasil evaluasi dari starter di partai semifinal kemarin. 

Sementara itu, dari tim Dewa United, head coach Maximiliano Seigorman juga melakukan rotasi. Ferdian Purwoko kembali ke posisi starter, setelah dalam beberapa laga sebelumnya diisi oleh Jason Kurniawan. Kemudian Katon Adjie Baskoro juga masuk starter di laga kali ini. Tiga pemain lainnya adalah Kaleb Ramot Gemilang sekaligus sebagai kapten tim, Xaverius Prawiro, dan Jamarr Andre Johnson. 

Prawira berhasil unggul dengan margin cukup lebar karena banyaknya tembakan tiga angka yang dicetak di kuarter pertama. Ada empat three point yang dimasukkan. Sementara Abraham juga sekali membuat three point play. Sebaliknya, Dewa United yang awalnya rajin mencetak poin di awal laga, justru mengalami kebuntuan di lima menit terakhir. Mereka hanya bisa menurunkan margin hingga 9 angka (15-24) di sisa 22 detik, melalui free throw Jamarr Andre Johnson. (*)