News Event

Prastawa Bawa Pelita Jaya Sapu Bersih Bima Perkasa

02 July 2023
|

Pelita Jaya Bakrie Jakarta melaju tanpa hambatan ke babak semifinal IBL Playoffs 2023. Ini setelah mereka menyapu bersih Bima Perkasa Jogja (2-0), menyusul kemenangan di Game 2 dengan skor 81-73 di Britama Arena, Minggu (2/7). Pelita Jaya yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri, tidak mampu dihentikan oleh Bima Perkasa. Andakara Prastawa Dhyaksa mencetak 26 poin dengan tujuh tembakan three point.

Pelita Jaya yang sudah mencuri kemeangan di GOR Pancasila UGM, Yogyakarta, Jumat lalu, langsung unggul 18-9 di kuarter pertama. Mereka tidak pernah dalam posisi tertinggal sejak tip-off, hingga pertandingan berakhir. Pelita Jaya bermain cepat, serta menampilkan tembakan-tembakan three point yang akurat. Sehingga mereka unggul 46-33 saat turun minum.

Bima Perkasa sempat mengejutkan Pelita Jaya di awal kuarter ketiga. Mereka sempat running 7-4, untuk memangkas jarak jadi delapan poin (42-50). Tetapi Bima Perkasa tidak bisa menghentikan laju Pelita Jaya di lima menit terakhir kuarter ketiga. Pelita Jaya terus mengumpulkan pundi-pundi poin melalui Yesaya Saudale dan Prastawa. Pelita Jaya menjauh 18 angka (67-49) saat kuarter ketiga usai. 

Bima Perkasa harus memangkas jarak 18 poin di kuarter keempat. Situasi ini sangat berat bagi mereka. Namun Bima Perkasa mampu membuat kejutan lagi. Masuknya Cameron Coleman di tujuh menit terakhir, menjadikan Bima Perkasa bangkit. Puncaknya layup dari Nuke membawa Bima Perkasa mendekat 73-79. Tekanan kini berubah ke Pelita Jaya. 

Kegagalan Sutton mengeksekusi dua free throw membuat pertandingan semakin menegangkan. Tetapi pendukung Pelita Jaya bersorak setelah Prastawa memasukkan poin ke-26 melalui layup. Poin Prastawa inilah yang menjadi penentu kemenangan Pelita Jaya dari Bima Perkasa dengan skor 81-73. Ini sekaligus membuat Bima Perkasa menjadi tim pertama yang tersingkir dari babak playoffs 2023. 

Prastawa jadi top score dengan 26 poin. Dia mencetak tujuh three point dari 12 attempt. Prastawa bermain 29 menit dengan tambahan 10 rebound, tiga assist, dan satu steal. "Kami bermain dengan ciri khas kami. Kami harus pertahankan ini di semifinal dan final," kata Prastawa. "Saya hanya bilang ke teman-teman, Bima Perkasa tim bagus. Kami tidak boleh lengah."

Selain Prastawa, Dominique Sutton juga menyelesaikan laga dengan double-double (14 poin dan 12 rebound). Sedangkan Muhammad Arighi menyumbang 10 poin. Sebaliknya dari kubu Bima Perkasa Cameron Coleman mencetak 21 poin dan 12 rebound. Disusul Ikram Fadhil (14 poin) dan Nuke Tri Saputra (12 poin). 

Bima Perkasa menjadi tim pertama yang tersingkir dari IBL Playoffs 2023 setelah disapu bersih (0-2) oleh Pelita Jaya. Sementara itu, Pelita Jaya akan menunggu lawan di semifinal, antara Bali United Basketball Club atau Satria Muda Pertamina Jakarta. (*)

Baca Juga: Rookie of the year 2012-2013 : Andakara Prastawa Dhyaksa, Bermain Tanpa Beban

0 Comments