Pelita Jaya Lolos Lubang Jarum dan Melangkah ke Semifinal


Aug 16, 2022

Pelita Jaya Bakrie berhasil lolos dari hadangan tim debutan RANS PIK Basketball. Mereka menang 93-86 pada IBL Play Offs 2022 di C-Tra Arena Bandung, Selasa 16 Agustus. Kemenangan ini membawa Pelita Jaya unggul agregat 2-1 dan melaju ke babak semifinal yang akan digelar di tempat sama, 20-23 Agustus mendatang.

Andakara Prastawa Dhyaksa yang hari ini berulang tahun ke 30 bermain luar biasa dengan mencetak 27 angka, 4 rebound, 5 assist dan 3 steal bagi Pelita. Dior Alexandros Lowhorn mencetak double-double dengan 19 angka dan 13 rebound, Muhammad Arighi mengemas 17 angka dan Yesaya Saudale menyumbang 12 poin.

Oki Wira Sanjaya menjadi pencetak angka terbanyak bagi RANS dengan 21 poin. Althof Dwira Satrio mencatat 14 angka dan Akeem Scott mengemas 12 angka.

Angka dibuka dengan dua lemparan bebas Januar Kuntara untuk RANS. Empat angka Arighi membuat Pelita unggul sebelum Oki melesakkan tiga angka pertamanya. Free throw Lowhorn dan tiga angka serta lemparan bebas Arighi dari Prastawa membuat Pelita berbalik memimpin, 12-5. Lay up Scott dibalas satu free throw Lowhorn dan lay up Vincent Kosasih, dua kali tiga angka dari Althof dan sekali dari Scott membuat RANS memimpin sebelum Govinda Saputra menyamakan kedudukan 16-16. Althof, Scott dan Eko Agung Prabowo kemudian memborong angka RANS dan menutup kuarter awal dengan keunggulan tujuh angka, 23-16.

Muhammad Hardian Wicaksono membuka tiga angka bagi Pelita pada awal kuarter kedua. Hal Shane Heyward membalas dengan dunk. Tembakan tiga angka Christian “Coke” Gunawan membuat RANS menjauh 28-20. Tembakan tiga angka dai Hendrick Xavi Yonga dan Arighi membuat Pelita mendekat. Lay up Heyward direspon dua free throw Lowhorn. Govinda menyamakan kedudukan, namun three points play Valentino Wuwungan kembali membuat RANS unggul. Jump shot Lowhorn dibalas Althof. Tembakan tiga angka Nuke Tri Saputra menjadikan RANS memimpin, Prastawa memperpendek selisih dengan tembakan tiga angka. Nuke masih menambah satu angka lewat free throw, namun tembakan tiga angka dan lay up Yesaya membuat Pelita balik unggul 41-39.Lowhorn menjauhkan marjin, Coke kemudian menutup angka babak pertama dengan dua lemparan bebas. Pelita memimpin pada babak pertama, 45-41.

Lay up Januar memulai angka kuarter ketiga, Lowhorn membalas. Tiga angka Oki dan lay up Alfredo Tanujaya Julianto membuat RANS memimpin. Prastawa dan Bima Riski Ardiansyah berbalas dua poin. Three points Prastawa dibalas sama oleh Oki. Heyward dan Oki kemudian menjauhkan selisih, 57-52. Tiga angka Yesaya dan lay up Yonga memperkecil ketinggalan Pelita . Yesaya bahkan membuat Pelita berbalik memimpin, sebelum tiga angka Oki melesak. Satu free throw Scott dan lay up Oki serta jump shot Althof dan Oki memperlebar jarak keunggulan RANS. Dua free throw Prastawa mempersempit selisih, namun tembakan tiga angka Oki di akhir kuarter membuat RANS memimpin sepuluh angka, 70-60.

Kuarter terakhir dibuka dengan four points play  Arighi.  Heyward dan Januar menjaga jarak. Arighi dan Prastawa kembali mendekatkan. Lay up Janura juga dibalas Lowhorn. Dunk dan lay up Yonga membuat selisih tinggal satu angka, Althof mencetak dua angka. Tembakan tiga angka dari Prastawa seperti menjadi momentum bagi Pelita. Mereka menyamakan kedudukan 78-78, namu dua free throw Valentino dan lay up Scott menjaga keunggulan RANS, 82-78. Dua free throw Prastawa dibalas dua lemparan bebas Valentino. Dua free throw Prastawa juga direspon lay up Scott.

Three points Yesaya dan dua free throw Lowhorn membuat Pelita kembali memimpin 87-86. Serangan-serangan RANS gagal berbuah angka, Pelita mendulan poin lewat rangkaian free throw Prastawa akhirnya menang 93-86 dan meraih tiket ke semifinal.