Menpora Rapat Koordinasi, Harapan Kompetisi Bergulir Mencuat


Feb 10, 2021

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, melakukan rapat koordinasi terkait keberlangsungan kompetisi olahraga di Kantor Kemenpora, Rabu (10/2). Direktur Utama Indonesia Basketball League (IBL), Junas Miradiarsyah, turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Dalam rapat turut hadir PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, Karo Dalops Sops Polri, Dirsosbud BIK Polri, Kabid Yanmar Gugus Tugas COVID-19, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menpora mendengarkan rapat yang berisi pemaparan dari PSSI dan PT LIB terkait penyelenggaraan turnamen. Hasilnya, ada secercah harapan kompetisi bisa dihelat kembali.

“Ini jadi bahan buat Polri mempelajari, mengkaji, dan apabila masih ada yang diperlukan terkait penyelenggaraan,” ujar Menpora.

Namun, Menpora belum mau memastikan kompetisi bisa berlangsung atau tidak. Intinya keselamatan masih jadi bagian yang dikaji.

"Tadi rapat koordinasi mendengar pemaparan, untuk penyelenggaraan turnamen dan kompetisi. Protokol secara disiplin dan ketat. Belum ambil keputusan apapun. Jangan salah paham, kita sudah rapat dan membuat keputusan, tidak. Proses berjalan dan kita tahu sekarang pandemi. Prinsipnya mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat," ujar Amali.

Adapun direktur utama IBL Junas Miradiarsyah mengapresiasi pemaparan yang dilakukan PSSI dan PT LIB. Ke depan, Junas meminta IBL diberi kesempatan yang sama memaparkan protokol kompetisi.

“Jika pihak berwenang membuat patokan sepak bola untuk menggelar kompetisi, tentunya kami menghargai pandangan dan sikap tersebut,” ujar Junas.

“Harapannya agar setiap protokol serta tipe pelaksanaan dapat di review per cabang olahraga karena masing-masing pasti memiliki karakteristik dan tipe yang bisa berbeda. Sehingga keputusan dalam pemberian izin tersebut kembali melihat bagaimana protokol kesehatan, kesiapan pelaksanaan dari cabor atau liga terkait karena ini yang menjadi faktor utama,” imbuhnya.