News Event

M. Dhiya'ul Haq Dilepas oleh Tangerang Hawks

05 September 2023
|

Center senior M. Dhiya'ul Haq dilepas oleh Tangerang Hawks Basketball Club. Dia hanya bertahan satu musim saja dengan Hawks. Menarik untuk melihat ke mana pelabuhan selanjutnya bagi salah satu pemain tertinggi di Indonesia tersebut. 

Yayak -panggilan akrabnya- pindah ke Hawks setelah sebelumnya bermain di Prawira. Pemain berusia 31 tahun tersebut tampil dalam 14 pertandingan dari total 30 laga Hawks di IBL Tokopedia 2023. Yaya bermain rata-rata enam menit per game dengan kontribusi 0,6 ppg dan 1,1 rpg. Kontribusinya memang lebih banyak di pertahanan. 

Yayak menjadi salah satu pemain di liga profesional Indonesia dengan tinggi lebih dari dua meter. Tapi perannya di tim tidak sebesar prestasi yang sudah ditorehkan pemain kelahiran Gresik, 11 Maret 1992 tersebut. Yayak lebih sering jadi penghangat bangku cadangan timnya.

Yayak masul liga profesional mulai tahun 2011. Saat itu, dia memperkuat Garuda Bandung. Salah satu penampilan terbaiknya ada di musim 2013-14, di mana Yayak bisa mencetak 3,4 PPG dan 4,0 RPG dalam 30 pertandingan. Yayak bermain di Garuda sampai selesai IBL 2016.

Sebelum bermain di Prawira, dia berada di tim  Satria Muda. Yayak harus berjuang mendapatkan tempat di tengah persaingan bigman di sana, belum lagi saat itu era pemain asing. Kesempatan Yayak bermain semakin kecil. Namun Yayak tetap dihitung sebagai pemain Satria Muda yang menjuarai IBL 2017-2018. Bahkan, setelah itu Yayak masuk timnas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dia masuk roster timnas Indonesia di ASIAN Games 2018. Sebuah ajang yang membuat namanya kembali melambung. 

Sebelum IBL 2020, Prawira Bandung yang dulunya bernama Garuda, merekrutnya kembali. Ini setelah Lutfianes Gunawan pindah ke Louvre Surabaya, dan Luke Martinus memutuskan pensiun. Lagi-lagi kontribusi Yayak kurang terlihat. Dia kalah bersaing dengan Firman Dwi Nugroho dan Pandu Wiguna. Bahkan di IBL 2021, Yayak hanya bermain selama 7,6 menit per game dengan kontribusi 1,2 ppg  dan 1,6 rpg. 

Setelah dilepas oleh Hawks, kini Yayak kembali harus mencari peruntungan di klub lain. (*)

Baca Juga: Tangerang Hawks Bermimpi untuk Terbang Tinggi

0 Comments