News Event

Kepercayaan Diri Mountain Gold Turun Lagi

04 July 2023
|

Mountain Gold Timika mengalami musim yang buruk untuk kesekian kalinya. Mereka hanya mendapatkan enam kemenangan dari 30 pertandingan di regular season IBL Tokopedia 2023. Faktanya kepercayaan diri pemain kembali menurun setelah sukses menembus playoffs di tahun 2022. 

Mountain Gold pernah menjadi salah satu tim papan atas di musim 2020. Mereka meraih 10 kemenangan dari 14 pertandingan, sebelum musim ditangguhkan karena pandemi Covid-19. Sejak saat itu, performa Mountain Gold terus turun hingga di musim 2023. Namun ketika kembali melihat ke musim 2021, Mountain Gold benar-benar ada di titik terendah. Mereka hanya menang empat kali dari 16 laga. Mereka ada di papan bawah klasemen akhir. 

Kemudian di musim 2022, perubahan terasa ketika tim berada di bawah asuhan head coach Anthony Garbelotto. Mereka mencetak rekor 14-8 di regular season, dan finis di urutan keempat. Meski pada playoffs putaran pertama, Mountain Gold disingkirkan oleh West Bandits (1-2). Sayangnya manajemen malah memilih untuk melepas Anthony Garbelotto ke Bali United Basketball Club. 

Mountain Gold kembali terpuruk di musim 2023. Kedatangan head coach Predrag Lukic, justru membuat Mountain Gold seperti tim baru di liga. Mereka mengalami lima kekalahan beruntun di awal musim. Predrag Lukic hanya menang lima kali dan menelan 14 kekalahan. Akhirnya, manajemen menggantinya dengan Agus Pamungkas Batbual untuk menyelesaikan musim ini. Saat musim reguler 2023 berakhir, rekor Mountain Gold adalah 6-24. 

"Kalau menurut saya banyak yang harus dievaluasi, dari mulai organisasi, manajemen, coaching staff, sampai juga ke pemain. Kami harus selesaikan dulu secara internal. Baru ke depan baru bisa ditentukan tujuannya. Harus ada evaluasi menyeluruh," kata Samuel Pattinama, asisten pelatih yang masuk Mountain Gold di tiga seri terakhir.

Tampaknya memang kondisi Mountain Gold tidak sebaik musim lalu. Tetapi tidak terlihat, apa yang menjadi masalah sehingga performa mereka turun drastis. Tetapi menurut Jan Misael Panagan, pemain sudah berusaha memberikan yang terbaik. Sudah maksimal, dan memang hasilnya belum sempurna. 

"Semoga musim depan, tidak ada lagi problem di internal, sehingga tidak berpengaruh pada tim. Terlepas dari kondisinya, saya percaya tim ini punya pemain yang potensial, dan bisa kompetitif," tutup Jan.

Ditegaskan oleh Samuel Pattinama, bahwa musim depan sepertinya akan ada perubahan dari sisi pemain. Karena wajar kalau di akhir kompetisi, ada pemain yang habis kontrak atau pindah ke klub lain. Namun yang jelas Mountain Gold bakal melakukan evaluasi agar lebih baik lagi. (*)

Baca Juga: Evos Melepaskan Diri dari Cengkeraman Mountain Gold

0 Comments