Kandidat ROTY - Muhamad Arighi (Pelita Jaya Bakrie Jakarta)


Aug 03, 2022

Tak butuh waktu lama bagi Muhamad Arighi untuk beradaptasi dengan atmosfer liga basket kasta tertinggi di tanah air. Karena sebelum membela Pelita Jaya Bakrie Jakarta di IBL Tokopedia 2022, Arighi sudah bermain untuk Indonesia Patriots di musim 2021. Wajar kalau dirinya sudah tampil luar biasa, dan masuk kandidat Rookie of The Year. 

Masuknya Arighi juga berkat kepercayaan yang diberikan oleh head coach Fictor G. Roring. Arighi sering didapuk menggantikan Andakara Prastawa Dhyaksa sebagai pengatur serangan tim Pelita Jaya. Dalam 22 game musim reguler, Arighi mengoleksi 6,5 ppg, 2,3 rpg, dan 2,9 apg. Kemampuan Arighi ada pada ketenangan dan kedewasaan dalam bermain. 

Arighi juga punya skill yang mumpuni dalam penguasaan bola. Sehingga memberikan ketenangan kepada rekan-rekannya saat Arighi mengatur serangan. Buktinya, Arighi hanya membuat average turnover sebanyak 1,5 turnover per game. Padahal dia diturunkan rata-rata selama 20,6 menit per game. Dengan catatan tersebut, maka bisa dipastikan kalau Arighi merupakan calon point guard masa depan Indonesia. 

Sama seperti Yudha, Arighi punya kesempatan membela timnas Indonesia di beberapa ajang bergengsi akhir-akhir ini. Seperti FIBA World Cup 2023 Qualifiers dan FIBA Asia Cup 2021. Pengalaman menempa Arighi semakin baik dari hari ke hari. Selain layak masuk kandidat Rookie of The Year, kehadiran Arighi bisa membantu Pelita Jaya mewujudkan target juara musim ini. (*)