Kandidat SOTY - Muhammad Arighi Hadran Noor (Pelita Jaya Bakrie Jakarta)


Aug 05, 2022

Muhammad Arighi merupakan salah satu dari tiga pemain di IBL Tokopedia 2022 yang masuk dua kategori peraih penghargaan individu. Selain menjadi kandidat Rookie of the Year, Arighi juga jadi kandidat Sixth-Man of the Year. Ini merupakan prestasi yang membaggakan bagi pemain kelahiran 12 Februari 1999 tersebut.

Sebelumnya kita sudah membahas soal Arighi yang jadi kandidat Rookie of the Year. Ternyata dia juga masuk kategori pemain keenam terbaik di liga. Karena selama satu musim kompetisi, Arighi hanya tiga kali masuk starter. Dia dimainkan 17 kali dari 22 pertandingan Pelita Jaya. Kontribusi rata-ratanya adalah 6,5 ppg, 2,9 rpg, dan 2,3 apg. 

Kalau berkaca dari menit bermain dan posisinya, maka Arighi memang layak masuk kategori ini. Sebagai point guard, tugasnya adalah menggantikan Andakara Prastawa Dhyaksa saat diistirahatkan. Sementara dilihat dari menit bermain, meski berstatus pemain cadangan, dia diturunkan selama 20 menit per game. Cukup banyak untuk ukuran pemain debutan, sekaligus pemain cadangan. 

Tugas penting yang diemban Arighi adalah menjaga stabilitas lini utama dan lini kedua Pelita Jaya. Pengalamannya bertanding di level internasional memberikan Arighi ketenangan dalam membawa bola. Di timnas junior, Arighi sudah sering diberi kepercayaan sebagai kapten tim. Sehingga dia terlihat dewasa di lapangan. Inilah poin tambahan sebagai penilaian terhadap performa Arighi di IBL Tokopedia 2022. (*)