Kandidat MIP - Rio Disi (West Bandits Combiphar Solo)


Aug 07, 2022

Harus diakui kalau Rio Disi merupakan salah satu pemain masa depan Indonesia. Karena dalam dua musim saja, dia sudah bisa masuk dua kandidat penghargaan individu. Pertama Sixthman of the Year lalu yang kedua Most Improved Player. Entah terpilih atau tidak, pada akhirnya penampilan Rio Disi sangat menjanjikan. 

Kalau dilihat dari catatan statistik, peningkatan yang dibuat oleh Rio Disi jelas jauh dari kandidat lainnya. Contohnya untuk poin per game saja, Rio musim lalu sudah mengoleksi 7,0 ppg. Sementara di IBL Tokopedia 2022, dia berhasil menambah catatannya menjadi 8,4 ppg. Dengan kata lain, Rio meningkatkan produktifitas poinnya di kisaran 21%. 

Menit bermain Rio meningkat dari 16,4 menit menjadi 20 menit. Dengan peningkatan tersebut memungkinkan Rio untuk bisa berkontribusi 2,0 rpg dan 3,0 apg. Khusus untuk assist, Rio mengalami peningkatan yang cukup bagus. Dari awalnya 1,9 apg di musim 2021, meningkat jadi 3,0 di musim 2022, atau dengan persentase 58%. Peningkatan tersebut seiring dengan banyaknya pertandingan yang dimainkan Rio selama musim 2022. 

Sebagai pemain cadangan, Rio sudah berhasil memperdalam roster West Bandits. Kalau terus mengalami peningakatan atau improve, maka Rio bisa jadi starter di musim depan. Tapi sebelum itu, dia harus membantu West Bandits di Playoffs IBL Tokopedia 2022, agar mencapai target yang sudah ditentukan. (*)