News Event

Kandidat Best Foreign Player IBL Tokopedia 2023

29 June 2023
|

Pemilihan pemain asing yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan tim di IBL. Oleh karena itu, tim harus benar-benar jeli dalam melakukan menentukan pemain asing. Setelah 30 pertandingan reguler season diselesaikan, ada lima pemain asing yang masuk kandidat Best Foreign Player di IBL Tokopedia 2023. Mereka adalah Morakinyo Williams, Anthony Johnson, Cameron Coleman, Brandone Francis, dan Tyron Criswell. 

Diawali dari Morakinyo Williams. Pemain berusia 34 tahun yang dipilih pertama kali oleh Elang Pacific Caesar Surabaya pada IBL Draft Foreign Player 2022. Pemain berkebangsaan Norwegia tersebut tampil penuh atau 30 pertandingan musim ini. Dia mencetak rata-rata 19,5 ppg, 12, 4 rpg, dan 1,1 apg selama 27,1 menit per game. Satu hal yang patut dicontoh dari Williams adalah mental bertandingnya. Karena dia sama sekali tidak terpengaruh situasi Pacific yang terpuruk. Karena dalam 30 pertandingan, Williams hanya sekali mencetak single digit points. Williams tercatat 22 kali mencetak double-double sepanjang musim ini. 

Beralih ke Anthony Johnson yang bermain untuk Dewa United Banten. Dia memiliki catatan 16,9 ppg, 11,2 rpg, 1,6 apg, dan 1,9 spg, dengan menit bermain 22,2 menit per game. Johnson hanya sekali absen di sepanjang regular season IBL Tokopedia 2023. Dia mencetak double-double 16 kali. Poin tertinggi yang pernah dicetak Johnson adalah 33 poin, dan rebound tertinggi berjumlah 24 rebound. Johnson menjadi pilar penting dalam kesuksesan Dewa United di musim reguler tahun ini. 

Pemain ketiga yang masuk kandidat Best Foreign Player adalah Cameron Coleman milik Bima Perkasa Jogja. Coleman merupakan tipe pemain serba bisa. Musim ini dia mencetak 17,9 ppg, 8,2 rpg, 2,8 apg, dan 1,8 spg dalam 30 pertandingan. Kehadiran Coleman membuat variasi serangan Bima Perkasa lebih banyak. Tak salah kalau Bima Perkasa memilihnya sebagai pilihan pertama dalam IBL Draft Foreign Player 2022. 

Selanjutnya ada Brandone Francis dari Prawira Harum Bandung. Pemain 27 tahun berkebangsaan Republik Dominika ini menjadi fenomena baru di IBL. Dia mencetak 24,2 ppg, sekaligus memimpin rata-rata perolehan poin di IBL musim ini. Brandone juga menambahkan 6,8 ppg, 2,9 rpg, dan 1,3 apg dalam 25 pertandingan. Brandone merupakan alasan terbesar kenapa Prawira bisa jadi tim terbaik musim ini. Mereka bisa mencuri kemenangan dari Satria Muda dan Pelita Jaya. 

Terakhir ada Tyron Criswell. Pemain tahun kedua di IBL, yang kini membela Tangerang Hawks Basketball Club. Sebelumnya Criswell tampil membela Pacific Caesar di musim 2022. Kontribusi Criswell kali ini adalah 16,6 ppg, 8,7 rpg, dan 2,3 apg dalam 30 pertandingan. Hebatnya Criswell kali ini memperkuat lini kedua Tangerang Hawks, dengan hanya tampil selama 19,2 menit per game. Namun perannya cukup besar dalam membawa Hawks bisa mendekati zona playoffs di musim 2023. 

Seluruh penghargaan individu di IBL Tokopedia 2023 akan dipilih oleh voters yang berisi head coach dan media. Pemenangnya akan diumumkan pada 30 Juni 2023. (*)

Baca Juga: Kandidat Best Foreign Player - Dior Alexandros Lowhorn (Pelita Jaya Bakrie Jakarta)

0 Comments