News Games

Jalil Abdul Bassit Diganti

02 March 2022
|

Setelah melalui tahapan evaluasi dan melihat performanya selama awal musim IBL Tokopedia 2022, akhirnya RANS PIK Basketball melakukan pergantian pemain asing. Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, pemain asing yang diganti adalah Jalil Abdul Bassit. 

Nama besar Jalil sebagai alumnus kampur Oregon atau yang dikenal dengan klub basketnya dengan nama Oregon Ducks, ternyata tak sebanding dengan penampilannya. Sebab performanya jauh di bawah standart yang diinginkan tim milik Raffi Ahmad tersebut. Bahkan bila dilihat ulang dari catatan sebelumnya, Jalil justru mengalami penurunan di IBL. 

Portofolio Jalil memang cukup mentereng. Awalnya dia digadang-gadang bakal muncul sebagai idola baru di IBL. Ternyata cuma isapan jempol belaka. Karena dia tampak sulit beradaptasi, dan terkesan tidak bisa mengangkat performa RANS PIK Basketball. Abdul-Bassit sempat bermain di NBA G-League bersama Idaho Stampede pada musim 2015-16. Dia kemudian berkelana hingga ke Albania dan bermain untuk Tirana Albania. Terakhir, atau tahun 2021 ini, Abdul-Bassit tercatat sebagai pemain Zonkeys de Tinjuana Meksiko di The Basketball Tournament (TBT).

Pada musim 2017-18, dia bermain untuk klub Tirana di BIBL. Saat itu Jalil mencetak 11,9 PPG, 3,1 RPG, 1,5 APG dalam 15 game. Sementara di Al-Rayyan di musim 2021-22, Jalil sempat bermain satu pertandingan dengan kontribusi 18 poin, 7 rebound, dan 7 assist. Jalil punya kelebihan yang bisa diandalkan yaitu tembakan jarak jauh. Karena di Oregon dia bisa mencetak 3PTS precentage sebesar 42,9%

Semua portofolio tersebut tidak terbukti di RANS. Jalil hanya mencetak 9,8 PPG, 4,3 RPG, dan 1,2 APG dalam 6 game. Jelas dengan catatan seperti itu, dia jauh dari harapan, apalagi dengan status sebagai foreign player. Akhirnya RANS memilih untuk mengganti Jalil. Keputusan ini tepat, bila mereka ingin berubah saat liga bergulir kembali pada awal Maret nanti. (*)

Baca Juga: Jalil Abdul-Bassit, Si Jago Tembak Alumni Oregon Ducks

0 Comments