News Games

Penurunan Akurasi Tembakan Jalil Abdul-Bassit Merugikan RANS PIK Basketball

09 February 2022
|

RANS PIK Basketball punya harapan besar yang disandarkan pada Jalil Abdul-Bassit di IBL Tokopedia 2022. Tapi yang terjadi justru sebaliknya, RANS PIK malah harus memikul beban tersebut. Karena Jalil sedang dalam kondisi yang kurang sempurna. Akurasi tembakannya menurun, sehingga merugikan bagi timnya. 

Jalil diambil RANS PIK dalam IBL Draft 2021 untuk Foreign Player dengan embel-embel nama besar Oregon Ducks. Tim kampus di Amerika Serikat yang melahirkan pemain-pemain handal. Bahkan Jalil sendiri tercatat mampu mencetak 8,23 PPG dalam 35 game. Field goals precentage pemain kelahiran 29 Desember 1992 tersebut mencapai 43,4% di musim 2014-15. 

Ada pula catatan menarik pada tahun 2017. Jalil pernah bermain di Queensland Baskeball League bersama tim Toowoomba Mountaineers. Kali ini dalam 17 pertandingan, Jalil mencetak rata-rata 24,8 PPG, 5,7 RPG, 3,1 APG, dengan field goals precentage sebesar 40,4%. Jadi agak mengherankan kalau Jalil tidak sesuai ekspektasi di IBL musim ini. 

Jalil tampil 6 laga bersama RANS PIK, dengan rata-rata menit bermain selama 18,5 menit. Statistiknya sejauh ini adalah 9,8 PP, 4,3 RPG, dan 1,2 APG. Field goals precentage Jalil turun di kisaran 39,3%. Termasuk juga dari 3PTS precentage yang hanya 25%. Ini benar-benar menyulitkan RANS. Apalagi RANS belum punya pencetak poin utama yang produktif. Malah Hal Shane Heyward yang terkenal dengan defense-nya, menjadi top skor tim dengan catatan 11,7 PPG. 

Penurunan akurasi tembakan Jalil, memang merugikan bagi RANS. Meski sebelum liga dihentikan sementara, pihak tim pelatih RANS menjelaskan bahwa mereka masih memberikan kesempatan untuk Jalil. RANS tidak ingin tergesa-gesa dalam menentukan keputusan untuk mengganti pemain asing. 

Sebenarnya, ketika liga dihentikan sementara, ini jadi kesempatan bagi Jalil Abdul-Bassit untuk mengembalikan sentuhannya. Kalau itu bisa kembali, maka RANS tidak perlu lagi khawatir dengan produktifitas poin mereka. (*)

Baca Juga: Jalil Abdul-Bassit, Si Jago Tembak Alumni Oregon Ducks

0 Comments