Ibl Legends:Anang Sulistyawan Setia pada Bhinneka


Aug 22, 2021

Pecinta bolabasket nasional sejak era Kobatama sejak tahun 1996 pasti mengenal Anang Sulistyawan, point guard andalan Bhinneka Solo.

Anang setia bersama Bhinneka hingga klub tersebut membubarkan diri. "Saya pensiun ketika Bhinneka berhenti dari Kobatama pada 2009," kata Anang.

Anang memulai latihan bola basket di kota kelahirannya, Madiun bersama klub Tri Dharma pada saat duduk di bangku kelas 2 SMP. Dia sukses membawa timnya menjadi juara Kejurda Jawa Timur.

Penampilan cemerlang Anang membuat dia terpilih dalam tim Jawa Timur menghadapi PON 1996 di Jakarta. "Kami mendapat medali perak. Di final kalah dari Jawa Barat," akunya.

Setelah PON, Anang sempat menjalani latihan selama sebulan dengan klub Kobatama Hadtex Bandung.  "Saya sekamar dengan  Rany Kristiono di mess," kenangnya. 

Dia juga sempat menjalani trial dengan klub Bima Sakti Malang selama sebulan. Dia juga sempat mencoba bergabung dengan tim Petrokimia Gresik yang saat itu menjadi peserta Kobatama, namun dia tidak merasa cocok dengan ketiga klub tersebut di atas.

 Hati Anang rupanya sudah tertambat pada Bhinneka Solo  " Saya merasa cocok dan kerasan  di Solo," tuturnya.

Memang, semasa masih di Tri Dharma Madiun, Anang sudah sering berlatih dan memperkuat Bhinneka Solo.  "Pemilik Tri Dharma, Pak Halim Hindarto  bersaudara dengan pemilik Bhinneka, Halim Sugiarto. Jadi, saya sering diminta berlatih dan bermain bersama Bhinneka," ucapnya.

Maka, jadilah Anang sebagai salah satu ikon Bhinneka tanpa pernah pergi ke klub lain. "Saya suka rasa kekeluargaan di Bhinneka," ujarnya. 

Setelah pensiun bermain basket profesional, Anang tetap tinggal di Solo bersama keluarganya. Dia bahkan membimbing ansk-anak berlatih basket di Bhinneka. "Saya diserahi tugas melatih anak-anak usia SD. Sayang, harus istirahat latihan di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Anang pun masih bermain basket bersama tim veteran Bhinneka. "Saya masih bermain dengan Lolik (I Made Sudiadnyana) bersama tim veteran Bhinneka," ungkapnya. "Saya lebih senang bermain dibanding menonton pertandingan basket," pungkasnya sambil tertawa.

 

CREDIT FOTO: TJANDRA AMIN