News Event

Hangtuah Ganti Scott James Sill II dengan Lewis Diankulu

03 May 2023
|

RJ Amartha Hangtuah kembali harus mengganti pemain asing. Scott James Sill II yang baru masuk, tidak cocok dengan skema permainan Hangtuah. Oleh karena itu, tim asuhan AF Rinaldo mendatangkan pemain asing baru bernama Lewis Diankulu. 

Terkait pergantian pemain asing yang dilakukan Hangtuah ini karena mereka masih punya jatah pergantian pemain. Karena kedua pemain asing Hangtuah sebelumnya, atas nama Joe-Junior Mvuezolo dan Emmanuel Malau dinyatakan sebagai pergantian khusus pemain asing karena mereka cedera. Jadi untuk pergantian pemain sekarang, maka Hangtuah menggunakan jatah pergantian pemain asing seperti biasanya.

Hangtuah sudah beberapa kali melakukan pergantian pemain asing. Mekanisme ini bisa dijelaskan dengan urutan sebagai berikut. Pada saat Hangtuah mengganti Joe-Junior Mvuezolo dengan Ronnie Boyce III, ternyata mereka mengajukan pergantian khusus. Sebab, setelah diperiksa melalui MRI, Mvuezolo mengalami cedera. Sehingga ini tidak berpengaruh pada jatah pergantian pemain asing di IBL 2023.

Kemudian, Hangtuah mengganti Emmanuel Malou dengan Scott James Sill II. Pada pergantian kali ini, Hangtuah memakai jatah pergantian pemain asing yang ditetapkan dalam peraturan liga. Meski pada akhirnya diketahui bahwa Malou juga mengalami masalah dengan kakinya. Tapi kali ini Hangtuah lebih menekankan pada sisi teknis saja. Dia tampil 10 pertandingan dengan average 15,6 ppg, 6,7 rpg, dan 1,2 apg. Dia digantikan oleh Scott James Sill II.

Ternyata Scott Sill bukan bigman tipe petarung seperti yang diinginkan Hangtuah. Sill memiliki kemampuan untuk menguasai area di luar busur. Tembakannya memang akurat, namun bukan pemain seperti ini yang diinginkan Hangtuah. Dalam tujuh pertandingan Sill mencetak 6,1 ppg dan 4,7 rpg. Dari statistik ini saja kita bisa mengetahui bahwa Hangtuah mengganti Sill karena dia kurang memberi kontribusi dari sisi rebound. Padahal itu yang sangat dibutuhkan Hangtuah. 

Diankulu adalah pemain asal Kanada yang tidak terpilih dalam NBA Draft 2019. Pada musim terakhir (2022-23) dia bermain untuk klub Fjolnic di liga basket Islandia. Pemain setinggi 2,01 meter tersebut punya kemampuan menyerang yang bagus dengan catatan 20,3 ppg dalam 23 pertandingan. Namun yang paling penting adalah catatan dari sektor defense. Diankulu menghasilkan 9,3 rebound, 1,1 block, dan 1,0 steal per game. Tampaknya semua syarat yang diajukan Hangtuah ada dalam diri Diankulu. 

Hangtuah jelas butuh suntikan tenaga untuk melanjutkan IBL Tokopedia 2023, selepas jeda. Sebab, mereka belum masuk zona playoff. Hangtuah berada di urutan kesembilan, dengan hanya mencetak delapan kemenangan dari 20 pertandingan. (*)

Baca Juga: Lewis Diankulu Bersedia Kembali ke IBL

0 Comments