Gengsi Pemain Naturalisasi di Laga NSH Mountain Gold Timika Melawan Louvre Dewa United Surabaya


Apr 08, 2021

Sebelum IBL Pertamax 2021, ada kabar yang menghebohkan jagad basket tanah air. Kabar tersebut tentang mengizinkan hak guna pemain naturalisasi di liga. Sampai akhirnya semua bisa diselesaikan dengan baik, serta Ebrahim Enguio Lopez dan Jamarr Andre Johnson diizinkan bermain. Karena berada di divisi yang berbeda, musim ini mereka hanya bisa bertemu sekali, dan malam ini jadi kesempatan emas untuk melihat persaingan dua pemain tersebut.

Kalau dilihat dari catatan prestasinya, kedua pemain sama-sama pernah juara liga basket Indonesia. Biboy juara di musim 2013-14 bersama Aspac Jakarta. Sedangkan Jamarr lebih baik dengan dua kali juara IBL dengan dua tim yang berbeda. Jamarr juara IBL 2016 bersama CLS Knights Surabaya, dan juara 2017-18 bersama Satria Muda Pertamina Jakarta. Jadi pertemuan kedua pemain malam ini bisa juga diberi label persaingan para juara.

Musim ini Biboy berhasil menjaga kestabilan NSH, khususnya saat menyerang. Meski tidak dominan, tapi Biboy bisa mencetak 13,7 PPG, 5,7 RPG, 1,5 APG, dan 1,3 SPG. Sedangkan Jamarr bisa disebut sebagai pilar utama di tim Louvre. Karena Louvre sempat mengalami penurunan saat Jamarr cedera. Musim ini, Jamarr mengoleksi 19,5 PPG, 11,3 RPG, 3,0 APG, dan 1,6 SPG. 

Soal produktifitas poin ternyata tidak terlalu berbeda jauh. Biboy mencetak field goals precentage 40,3% dan Jamarr 45,4%. Keunggulan Jamarr ada di 3PTS precentage. Biboy memang jarang melepaskan tembakan tiga angka. Dia lebih sering menusuk ke paint area lawan. Sementara Jamarr bisa memasukkan 35,0% dari tembakan tiga angka. Itu terjadi setelah dia sembuh dari cedera. Jamarr melatih akurasi tembakan jarak jauh selama penyembuhan cederanya. 

Tapi karena kedua pemain punya posisi yang sama, bisa jadi mereka akan bertemu di permainan. Duel Biboy dan Jamarr akan mewarnai pertandingan antara NSH Mountain Gold Timika melawan Louvre Dewa United Surabaya. Pertandingan yang sangat penting bagi Louvre agar mereka tak teringkir dari persaingan Playoffs IBL Pertamax 2021. 

Pertandingan seru ini akan disiarkan langsung di IBL TV, pada pukul 20.00 WIB. (*)