Peta Kekuatan NSH dan Louvre


Apr 08, 2021

Pertemuan NSH Mountain Gold Timika dan Louvre Dewa United Surabaya jadi salah satu pertandingan penting hari ini. Terutama bagi Louvre yang sedang mencari kemenangan untuk mengamankan tiket Playoffs IBL Pertamax 2021. Tetapi lawannya kali ini bukan tim sembarangan. NSH bisa saja menjadi tim yang akan menjegal langkah Louvre.

Berkaca dari catatan statistik, Louvre sudah jelas unggul dalam produktifitas poin, baik dari sisi 2PTS, 3PTS, dan bahkan FT yang jadi masalah serius bagi NSH musim ini. Secara keseluruhan, Louvre mencetak field goals precentage sebesar 39,5% sedangkan NSH hanya terpaut 4 angka yakni 35,9%. 

Keunggulan Louvre ini sangat wajar, karena mereka bisa mencetak poin dari segala arah. Untuk 2PTS precentage Louvre mencetak 46,8% dan 3PTS precentage di kisaran 27,3%. Kehadiran Jamarr Andre Johnson dan Kevin Moses Eliazer Poetiray jadi faktor utamanya. Tapi ada yang menarik dari Louvre dalam beberapa pertandingan terakhir. Bila diperhatikan, Coach Andika Supriadi Saputra justru menempatkan Wendha Wijaya di posisi shooter. Posisi yang ditinggalkan Sandy Febiansyakh yang cedera patah tulang tangan. Strategi ini terbukti menjaga precentage 3PTS Louvre tetap di atas 25%

Sementara di kubu NSH, mereka hanya bagus di 2PTS precentage dengan 43,1%. Sedangkan untuk 3PTS precentage, NSH hanya 21,7% saja. Ini akan jadi masalah bila mereka gagal menembus defense Louvre di paint area. Mereka tidak punya jalan keluar selain melepaskan tembakan jarak jauh. 

Salah satu keunggulan Louvre yang bisa mereka manfaatkan adalah free throw. Louvre bisa membuat free throw dengan akurasi sebesar 71,9%. Ini sangat berbahaya bagi NSH bila mereka terlalu banyak melakukan pelanggaran. Sebaliknya, NSH masih bermasalah dengan free throw. Mereka hanya membuat 59,6% sejauh ini. 

Di luar produktifitas poin dari kedua tim, Louvre dan NSH juga punya kelebihan lain. Louvre mencetak 41,0 RPG, 14,7 APG, 8,8 SPG dan 3,5 BPG. Sedangkan NSH dengan 39,0 RPG, 15,3 APG, 9,6 SPG, dan 2,5 BPG. Dari data ini, maka secara rebound, kedua tim tidak banyak berbeda. Namun NSH punya catatan assist dan steal lebih baik dari Louvre. Jadi Louvre tetap harus waspada dengan NSH.

Pertandingan NSH Mountain Gold Timika melawan Louvre Dewa United Surabaya akan disiarkan secara langsung di IBL TV, pukul 20.00 WIB. (*)