Galank Gunawan Masih Layak Diperebutkan


Aug 09, 2021

Situasi pandemi, membuat IBL terpaksa memainkan liga tanpa pemain asing. Ini memunculkan beberapa fenomena menarik. Termasuk center-center senior yang ternyata masih layak diperebutkan seperti Galank Gunawan.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 66 tersebut, menunjukkan dirinya belum habis. Meski memasuki usia 34 tahun, Galank tercatat sebagai pemain peringkat keempat dalam rangking IBL Pertamax 2021, untuk tim KAI Bima Perkasa. Dalam artian, Galank dinilai punya kontribusi besar atas keberhasilan Bima Perkasa masuk Playoffs musim lalu. 

Galank memang identik dengan defense dan rebound. Kemampuan tersebut dimanfaatkan oleh Louvre Surabaya di IBL Pertamax 2020. Dia mencetak rata-rata 2,0 PPG dan 6,2 RPG dalam waktu 26,3 menit per pertandingan. Galank bertugas menjaga paint area, sementara saat menyerang, dia mengamankan langkah Savon Goodman. 

Tapi musim lalu, Galank menunjukkan peningkatan performa yang justru bisa mengejutkan IBL Fans. Dia memang mengisi lini kedua, di balik M. Isman Thoyib. Namun headcoach David Singleton memberinya tanggung jawab lebih besar, khususnya dalam mencetak poin. Buktinya, dengan hanya 15,8 menit per game di lapangan, Galank mencetak rataan 4,1 PPG dan 6,8 RPG. 

Mengacu pada catatan statistik ini, maka Galank masih layak diperebutkan. Apalagi, dia sudah tidak lagi membela klub asal Jogjakarta tersebut. Galank berstatus restiricted free agent, dan boleh membela klub mana saja selama urusan transfer dengan klub lamanya beres. 

IBL Fans berharap Galank tidak terburu-buru memutuskan pensiun. Sebab, pengalaman bermainnya bisa berguna untuk pemain-pemain muda di IBL.