News Event

Dewa United Tekan Pertahanan RANS di Babak Pertama

02 July 2023
|

Dewa United Banten kali ini bertindak sebagai tuan rumah di Game 2 IBL Playoffs 2023, melawan RANS PIK Basketball. Laga ini dimainkan di Sritex Arena, yang kali ini disebut "Home of #AnakDewa". Dewa United tampil bagus di babak pertama, dengan mendominasi paint area. Mereka menemukan cara untuk membongkar pertahanan RANS. Saat turun minum, Dewa United memimpin dengan skor 40-29. 

Sebagai home-team dan juga tertinggal 0-1, tidak ada pilihan lain bagi Dewa United selain tampil habis-habisan. Kali ini mereka menurunkan R. Azzaryan Pradhitya Jati, Kevin Moses Eliazer Poetiray, Xaverius Prawiro, pemain asing Anthony Johnson, dan kapten tim Kaleb Ramot Gemilang. Sedangkan dari RANS, kali ini yang diturunkan sebagai pemain inti adalah Oki Wira Sanjaya, David Liberty Nuban, Valentino Wuwungan, pemain asing Akeem Ellis, dan kapten tim Januar Kuntara. 

Dewa United langsung memberi jawaban dari skema pertahanan RANS. Dua kali three point Kaleb di pembuka laga, membuat RANS meminta time-out. Mereka tertinggal 12-4 dalam waktu tiga menit saja. Dewa United terus mempertahankan dominasinya, sampai di sisa tiga menit Yeison Colome membuat timnya unggul 14 angka (20-6). Pada akhirnya, kuarter pertama ditutup dengan skor 21-15 untuk keunggulan Dewa United. 

Namun sebenarnya terlihat dalam lembar statistik bahwa field goals kedua tim kurang bagus di kuarter pertama. Dewa United hanya mencetak enam tembakan dari 20 attempt. Beruntung mereka bisa memasukkan 7 dari 11 free throw. Sementara dari RANS, lima kali turnovers di kuarter pertama harus menjadi perhatian bagi mereka. 

RANS sempat memberi kejutan untuk Dewa United di awal kuarter kedua. Mereka bisa menurunkan margin hingga tiga poin (19-22). Memaksa head coach Santiago Rimoldi untuk time-out. Namun setelah itu, Dewa United bisa menguasai permainan. Di sisa tiga menit, Dewa United mencetak keunggulan 10 angla (34-24). Saat turun minum, Dewa United memimpin dengan skor 40-29. 

"Defense harus disiplin, karena hanya itu saja yang bisa membuat tim ini mengatasi perlawanan RANS. Yang pasti para pemain harus mengikuti apa pun game plan yang diberikan pelatih," kata Wendha Wijaya, selaku asisten pelatih Dewa United. 

Di first-half ini, Kaleb Ramot Gemilang mencetak 15 poin. Dewa United mencetak 18 points in the paint, 15 second chance points, dan 11 fast break points. Sementara angka yang mencolok lain adalah jumlah steal. Di mana Dewa United mampu mencuri bola RANS sebanyak tujuh kali. RANS sendiri melakukan 10 kali turnovers di babak pertama. Kali ini paint area RANS benar-benar dieksploitasi oleh Dewa United. (*)

Baca Juga: Dewa United Hentikan Rangkaian Kemenangan RANS

0 Comments