News Event

Defense Evos di Surabaya Lebih Baik, Tapi Kurang Konsisten

23 February 2023
|

Setelah IBL Tokopedia 2023 Seri 3 Surabaya berakhir, Evos Thunder Bogor masih berada di papan bawah klasemen sementara. Namun setidaknya mereka bisa mencuri satu kemenangan di DBL Arena. Mereka sudah menang dua kali dari 11 pertandingan. Tim pelatih mencatat ada peningkatan dari sisi defense di Surabaya. 

Evos menjalani tiga pertandingan di Surabaya. pertama mereka kalah 61-74 dari Prawira Harum Bandung. Lalu menang 89-63 atas Elang Pacific Caesar Surabaya, dan terakhir kalah 53-71 dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Dua kekalahan yang diderita Evos ternyata disebabkan karena para pemain tidak bisa keluar dari tekanan. 

"Yang jelas, kami tidak bisa keluar dari tekanan. Itu yang kami catat dari kekalahan di Surabaya ini. Penampilan kami tidak sepenuhnya buruk sebenarnya," kata Ricky Dwi Tauri, asisten pelatih Evos Thunder. 

Ricky mencatat bahwa dalam tiga pertandingan di Surabaya, defense Evos lebih baik dari seri Malang. Evos membuktikannya saat menang melawan Pacific. Di mana mereka bisa menurunkan field goals sampai Pacific hanya bisa mencetak precentage di bawah 40%. Tapi bukan hanya itu saja yang dibutuhkan untuk menang.

"Saya rasa konsistensi. Kami harus sering mengingatkan kepada pemain, bahwa pertandingan itu bukan cuma dua kuarter, melainkan empat kuarter. Jadi konsistensi harus selalu terjaga," ujarnya. 

Menurut Ricky, mereka beruntung karena bila pulang lebih cepat dari Surabaya. Sebab, di seri Solo, Evos akan menjalani jadwal yang cukup berat. Mereka butuh persiapan yang lebih matang untuk menghadapi laga-laga di Solo.

"Seri keempat, kami harus lebih siap lagi. Kami akan main main empat kali, temasuk bertemu Satria Muda dan Pelita Jaya. Jadi persiapan harus lebih maksimal. Sembari itu dilakukan, kami akan evaluasi setiap laga di Surabaya ini. Kenapa kami kalah dari Prawira dan Pelita Jaya, lalu apa yang bagus saat kami menang lawan Pacific. Semua harus dievaluasi agar bisa lebih siap lagi di Solo," pungkasnya. 

Jadwal pertandingan Evos di Solo adalah melawan RJ Amartha Hangtuah Jakarta, pada 25 Februari, lalu Satria Muda Pertamina Jakarta pada 27 Februari. Kemudian lawan ketiganya adalah Indonesia Patriots tanggal 1 Maret, dan terakhir melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada 4 Maret 2023. (*)

Baca Juga: Perkembangan Pesat Evos Thunder Bogor

0 Comments