Arti Kemerdekaan di Mata Rizal Falconi


Aug 17, 2020

Penggawa Satria Muda Pertamina Jakarta, Rizal Falconi, memiliki pandangan terkait kemerdekaan. Bagi Falconi, merdeka bisa diartikan lebih giat bekerja.

Falconi menilai, perjuangan memerdekakan Indonesia pada 17 Agsutus 1945 harus dilanjutkan semangatnya. Namun, bukan berarti berjuang harus mengangkat senjata atau membela negara.

Falconi ingin arti merdeka ditanamkan kepada diri sendiri. Dengan memerdekakakn diri, maka tak ada penghalang untuk malas.

”Kalau kebanyakan kemerdekaan itu bebas dari penjajahan dan penindasan. Namun, untuk saat ini maknanya bisa bergeser,” ujar Falconi.

“Merdeka saat ini bisa diartikan untuk lebih giat bekerja dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar bisa meneruskan semangat para pendahulu dan menjunjung tinggi nilai Pancasila,” sambungnya.

Saat ini, Falconi tengah bersiap menyambutk lanjutan Indonesia Basketball League (IBL) Pertamax 2020 yang berlangsung Oktober. Bersama Satria Muda Pertamina Jakarta, Falconi sudah memulai latihan setelah vakum akibat pandemi virus corona.