Youbel Sondakh, Paling Mengerti Satria Muda


Jul 22, 2020

Satria Muda Pertamina Jakarta mengistirahatkan jersey nomor 9 bukan tanpa sebab. Nomor tersebut adalah milik Youbel Sondakh. Orang yang sangat mengerti Satria Muda. Bahkan dalam tiga musim terakhir, Youbel memimpin Satria Muda sebagai pelatih kepala. Coach of the Year 2016-2017, dan Juara IBL 2017-2018 adalah prestasi terbaiknya.

Youbel mencapai puncak karirnya bersama SM saat mendominasi Indonesia Basketball League (IBL) pada 2006 sampai 2009 dan National Basketball League (NBL) Indonesia 2010-11 dan 2011-12. Ia menyumbangkan total enam gelar juara nasional secara beruntun, ditambah dua gelar Most Valuable Player (MVP) pada 2008 dan 2009. Lewat catatan prestasi tersebut, rasanya sudah cukup bagi Youbel untuk menjadi salah satu orang yang dianggap paling mengerti Satria Muda.

Peran Youbel di Satria Muda bergeser ke bidang kepelatihan selepas pensiun. Dirinya selalu menjadi asisten pelatih, hingga pada IBL 2016-2017 dimulailah tugas perdananya sebagai pelatih kepala. Hasilnya, Satria Muda hanya kalah satu kali dari 14 laga di musim reguler. Youbel dinobatkan sebagai Coach of the Year. Sayangnya, di musim tersebut, Satria Muda kalah dari Pelita Jaya di perebutan gelar juara.

Youbel merasa seperti ada unfinised bussiness di musim berikutnya. Berbekal kombinasi pemain senior dan junior yang proporsional, didukung keberadaan Dior Lowhorn dan Jamarr Johnson, Youbel berhasil membawa Satria Muda juara IBL 2017-2018. 

Youbel, sebagai pelatih, dikenal salah satu sosok yang tenang saat memimpin di pertandingan. Baik dalam keadaan memimpin, atau timnya dalam kondisi tertekan. Ketenangan dan kejelian Youbel membuatnya didapuk jadi salah satu asisten pelatih timnas Indonesia. 

Kalau berbicara tentang idola, ternyata Youbel Sondakh adalah orang yang berhasil mengenalkan basket di Manado, kota kelahirannya. Bahkan salah satu mantan pemain Satria Muda, Yo Sua, mengaku bahwa dirinya mengenal basket karena Youbel. Youbel bukan hanya sekadar idola, tapi kalau IBL Fans milenial biasa menyebut dengan influencer di basket Indonesia. (*)