News Event

Yanuar Dwi Priasmoro Dapat Peran Baru di Bima Perkasa

06 January 2024
|

Pemain veteran Yanuar Dwi Priasmoro masih ada dalam roster Bima Perkasa Jogja untuk IBL Tokopedia 2024. Tetapi posisinya kali ini berbeda, karena dia tidak ada dalam deretan nama pemain. Yanuar kini bertugas sebagai performance trainer, dan berusaha memberikan kontribusi untuk tim dengan cara yang berbeda. 

Yanuar adalah MVP liga musim 2011-12, yang saat itu mencetak 17,8 PPG, tertinggi diantara pemain lainnya. Bahkan ada dua catatan statistik paling tinggi musim itu, yakni free throw precentage 76,9%, dan field goals precentage 43,3%. Tak hanya MVP, Yanuar dinobatkan sebagai Defensive Player of The Year, Top Scorer, dan masuk First Team. 

Jauh sebelum Yanuar jadi pemain profesional, dia adalah pemuda yang berasal dari desa Kalipucung, Sanankulon, Blitar, Jawa Timur. Salah satu orang yang berjasa membawanya ke dunia basket adalah mendiang Sin Kim Lai. Pemilik klub basket Pelangi di Blitar itu yang membinanya. Mengubah arahnya dari sepak bola ke basket. 

Perjalanan karier profesionalnya dimulai tahun 2008. Pemain yang seangkatan dengan Yanuar saat itu adalah Bima Riski Ardiansyah yang kini membela Satria Muda Pertamina Jakarta. Saat Bimasakti berubah menjadi Bima Perkasa, peran Yanuar tidak pernah berubah. Bahkan di era pemain asing, Yanuar tetap bisa menjadi salah satu tumpuan klubnya.

Yanuar sempat mengalami cedera sehingga membuatnya absen di musim 2020 dan 2021. Tetapi dia kembali ke Bima Perkasa pada musim 2022, bermain 21 pertandingan dengan kontribusi 1,6 ppg, 1,6 rpg, dan 1,2 apg. Yanuar bermain lagi di musim 2023 bersama Bima Perkasa. Dalam 20 pertandingan, termasuk playoffs, Yanuar mencetak 1,5 ppg. Usianya yang sudah tidak muda lagi, membuat Yanuar akhirnya menerima tawaran dengan tugas lain di Bima Perkasa. 

"Saya ingin belajar, menikmati peran yang berbeda di tim yang sama. Sekaligus membantu para pemain muda Bima Perkasa berkembang dari segi permainan dan mental," ujarnya. "Semoga suatu saat ada yang bisa jadi pemain terbaik seperti saya dulu. Prestasi ini tentu bisa membanggakan buat saya pribadi. Pada intinya saya ingin membangun Bima Perkasa lebih baik lagi ke depannya."

Bima Perkasa memang merobak total skuad untuk musim 2024. Hanya ada tiga pemain yang tersisa dari musim lalu, sehingga mereka bakal tampil dengan wajah-wajah baru. Begitu juga dengan penambahan head coach Predrag Lukic, yang diharapankan bisa mendongkrak prestasi tim. 

IBL Tokopedia 204 akan bergulir mulai 13 Januari mendatang. (*)

Baca Juga: Pemain Terbaik: Yanuar Dwi Priasmoro Mendobrak Tradisi

0 Comments