News Event

Xavier Alexander Diskors Tiga Pertandingan

19 April 2024
|

 Tangerang Hawks Basketball terpaksa kehilangan seorang pemain asingnya, Xavier Allen Alexander, dalam tiga pertandingan berikutnya. Xavier melakukan disqualifyng foul ketika melawan Bima Perkasa Jogja di GOR Pancasila UGM Yogyakarta, Rabu 17 April. 

Saat kuarter kedua tersisa 4 menit 22 detik, Xavier melakukan penetrasi ke arah ring dan dijaga ketat oleh pemain Bima Perkasa, Ali Mustofa. Ali melakukan foul terhadap Xavier, pada saat bersamaan Ali mengaitkan tangannya dan dibalas oleh Xavier dengan mengaitkan tangannya ke tangan Ali. 

Setelah itu Xavier melepaskan tahanan tangan Ali dengan cara mendorong menjatuhkan badan lawan dengan sangat keras hingga Ali terjatuh. Tak sampai di situ, Xavier juga mencoba melempar bola ke arah kepala Ali, beruntung tidak mengenai pemain Bima Perkasa tersebut.

Karena tindakan ini, wasit langsung memberikan call unsportmanslike-foul dan mengambil IRS untuk memastikan kejadian tersebut. Setelah melakukan review IRS, wasit memutuskan disqualifying-foul karena termasuk flagrant unsportmanlike action. 

Xavier diberi sanksi larangan bertanding tiga kali serta denda Rp. 20 juta berdasarkan Peraturan Pelaksanaan IBL Bab V Pasal 3 Ayat 1 Poin 1.6 yang berbunyi: Diskualifikasi karena melakukan foul yang sangat keras pada saat pertandingan seperti melakukan pemukulan atau tendangan atau mencekik, menjatuhkan badan lawan (membanting), dan hal-hal lain yang dilakukan diluar batas kewajaran akan dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 3 (tiga) kali dan denda sebesar Rp 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah). (*)

Baca Juga: Hawks Jadi Korban Pertama Pelita Jaya di Kandang

0 Comments