Xaverius Prawiro yang Masih Layak Dinanti


Dec 16, 2021

Xaverius Prawiro bakal kembali tampil di IBL. Kali ini dia bergabung bersama tim Dewa United Surabaya. Kehadiran Xaverius memang layak dinanti. Sebab pemain veteran tersebut selalu memberi dampak nyata di tim yang dibelanya.

Xaverius pensiun bersama Aspac di tahun 2015. Setelah itu, dia muncul di tahun 2017, dan diperkenalkan sebagai pemain Pelita Jaya. Di musim 2017-18, Xaverius mampu mencetak rata-rata 10,8 PPG, 2,8 RPG, dan 2,7 APG. Dia dinobatkan sebagai MVP IBL di musim tersebut. Kemudian di musim berikutnya dia mencetak rata-rata 7,4 PPG, 1,6 RPG, dan 3,0 APG. 

Dua musim bersama Pelita Jaya, Xaverius kembali berhenti dari basket profesional. Lalu dia muncul kembali sebagai pemain Dewa United setelah melewati dua musim kompetisi (2020 dan 2021). Meski usianya sudah tidak muda lagi, tapi pemain yang akrab disapa Ius tersebut sangat penting bagi tim Dewa United. Dia akan jadi point guard yang mengatur alur serangan Dewa United. 

Sebenarnya, Dewa United ini punya daftar pemain yang menarik. Karena ada Xaverius Prawiro dan Wendha Wijaya yang notabene pemain veteran dan masih aktif di basket profesional saat ini. Dua pemain merupakan point guard yang pernah berjaya pada masanya. Namun karena konsistensi mereka menjaga kondisi tubuhnya, maka kedua pemain masih bisa bersaing di level tertinggi sampai saat ini. (*)