News Tim Nasional

Timnas Indonesia Tunduk dari Filipina di Semifinal SEA Games 2023

15 May 2023
|

Timnas Basket Putra Indonesia menyerah dari Filipina dengan skor 76-84, di babak semifinal SEA Games 2023, Senin (15/5) sore. Timnas seperti kehabisan bensin, karena tim asuhan Milos Pejic tersebut tidak bisa meredam kebangkitan Filipina di kuarter keempat. Filipina membalikkan keadaan di empat menit terakhir. 

Perjuangan luar biasa ditunjukkan Lester Prosper dengan kontribusi 26 poin dan sembilan rebound. Jerome Anthony Beane Jr. menambahkan 12 poin, enam rebound, dan enam assist. Tapi belum cukup untuk membawa Indonesia mengalahkan Filipina. Karena Indonesia seperti kehabisan bensin, karena kalah 11-24 di kuarter keempat. 

Timnas Indonesia sempat leading 11 angka. Lewat three point Beane, Indonesia unggul 45-38 saat first half. Momentum kebangkitan Filipina terjadi di lima menit terakhir. Dimulai dari three point play dan back-to-back three point shot dari Justin Brownlee. Sembilan poin beruntun dari Brownlee membuat Filipina berbalik unggul 76-74. Filipina terus menambah pundi-pundi poin sampai buzzer berbunyi, dan Indonesia tidak bisa menyamakan kedudukan. 

Brownlee tidak bisa dihentikan oleh pertahanan Indonesia. Dia mencetak 34 poin, sembilan rebound, dan lima assist. Filipina akan berhadapan dengan tuan rumah Kamboja di babak final. Karena Kamboja sebelumnya bisa mengalahkan Thailand dengan skor 76-66 di babak semifinal. 

Timnas Indonesia masih berpeluang mendapatkan medali perunggu. Mereka akan bertarung melawan Thailand, yang notabene sesama tim di Grup B. Indonesia sendiri mengalahkan Thailand di babak penyisihan dengan skor 87-69. Indonesia harus bisa mengulang penampilan terbaiknya saat melawan Thailand, agar bisa membawa pulang medali perunggu. (*)

Baca Juga: Prestasi Terbaik Basket Indonesia Sepanjang Sejarah SEA Games

0 Comments