Timnas Indonesia Runner Up 3X3 Jakarta International Challenge


Nov 10, 2019

Tim nasional 3X3 Indonesia menduduki posisi runner up pada turnamen 3X3 Jakarta International Challenge yang berlangsung di Lapangan Basket CGV FX Senayan, Jakarta, Sabtu 9 November. Di babak final, Indonesia yang menurunkan Surliyadin,  Oki Wira Sanjaya, Muhammad Sandy Ibrahim Azis dan Rivaldo Tandra Pangesthio takluk di tangan tim Chooke and Go Filipina 17-21

"Filipina walau bukan tim nasional tetap tangguh. Mereka memang tim khusus untuk pertandingan 3X3," kata pelatih timnas 3X3 Indonesia,  Ali Budimansyah. 

Indonesia sempat memberikan perlawanan hingga angka sama 15-15, namun gagal membendung ketangguhan lawan. "Tekad untuk menang di final masih kurang kuat," kritik Budi.

Sang pelatih juga menilai transisi defense ke ofense para pemainnya masih kurang bagus. "Jadi saat kesempatan menyerang setelah melakukan defense, para pemain kita posisinya kurang pas," tuturnya.

Budi sadar kekuatan Filipina saat SEA Games Manila nanti pasti lebih bagus dibanding Chooke and Go. "Tapi kami tak mau terlalu berpikir soal Filipina. Mereka berbeda grup dengan kita di Manila. Jika kita fokus pada pertandingan di grup dan menjadi juara grup, kita bisa bertemu tuan rumah di final," tegasnya.

Turnamen ini juga diikuti tim nasional Vietnam , Malaysia dan Cina Taipei yang ketiganya bisa dikalahkan Indonesia di babak penyisihan.  Pada babak tersebut, Oki dkk hanya kalah juga dari tim asal Filipina.

"Bukan berarti di Manila nanti kita bisa dengan mudah mengalahkan Malaysia dan Vietnam. Mereka tim tangguh, kita harus terus memperbaiki diri dalam waktu tersisa ini," tuturnya.