Octaviarro Romely Tamtelahitu, Tegas Jadi Ciri Khas


Jul 08, 2020

Tegas dan Disiplin. Dua kata tersebut selalu diucapkan oleh pemain-pemain yang pernah diasuh oleh Octaviarro Romely Tamtelahitu. Pelatih yang kini menjadi nakhoda tim Pelita Jaya Bakrie di IBL 2020. Tegas memang jadi ciri khas Coach Ocky dalam memimpin tim. Di balik itu semua, Coach Ocky ingin pemain disiplin, supaya membangun karakter pemain yang tetap menangan dan siap saat terjun ke masyarakat lepas karir bola basket.

Mungkin generasi lama masih menjumpai ketika Coach Ocky tampil di lapangan sebagai pemain. Tapi generasi milenial, khususnya dekade terakhir lebih mengenalnya sebagai pelatih yang membawa Satria Muda Jakarta juara NBL Indonesia musim 2012.

Mundur sedikit dari waktu tersebut, Coach Ocky adalah asisten pelatih Satria Muda Britama November 2004.

Menjuarai kobatama 2007 sebagai pelatih kepala bersama Hangtuah. Dan dipercayakan menjadi pelatih kepala Satria Muda, sebuah tim yang berlaga di Asean Basketball league tahun 2010.

Bergeser ke musim 2015, Coach Ocky menjadi pelatih Bandung Utama. Kerjasama ini berlangsung dua musim. Baru satu musim melatih, Coach Ocky membawa perubahan besar untuk Surliyadin dan rekan-rekan saat itu. Mereka tembus ke playoff untuk kali pertama. Dari rangking 12 di tahun sebelumnya menjadi peringkat 6. Coach Ocky pun dianugerahi sebagai Coach of The Year 2015. 

Setelah itu, ia kembali ke bola basket amatir membangun Tamtelahitu Basketball Academy tahun 2016 sampai sekarang. Hingga pada akhirnya muncullah nama Ocky Tamtelahitu dalam roster Pelita Jaya Bakrie di musim 2019-2020.

Tampaknya Pelita Jaya memang berambisi untuk kembali meraih gelar juara musim ini. Coach Ocky sebagai pelatih berpengalaman memperbesar kemungkinan Pelita Jaya menjuarai liga. 

Buktinya belum bisa dilihat sekarang. Tapi dalam 13 pertandingan, Pelita Jaya menang 10 kali dan kalah tiga kali. Bukan pencapaian kecil untuk sistem yang baru diterapkan di sebuah klub.

Sejak menjadi pemain hingga pelatih, Coach Ocky terus mengembangkan diri untuk lebih baik. Dia begitu tertarik untuk membuat semua orang lebih baik melalui bola basket. Bahkan saat pandemi Covid-19, Coach Ocky juga memberi beberapa tips latihan di akun instagram pribadinya. Tentunya tujuannya untuk membuat pemain basket Indonesia lebih baik. (*)