News Tim Nasional

Timnas Indonesia Akan Tampil di Window I FIBA Asia Cup 2025 Qualifiers

23 January 2024
|

IBL Tokopedia 2024 akan jeda sejenak setelah pekan keempat. Alasannya ada dua agenda penting yang akan terlaksana. Pertama adalah Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada 14 Februari. Kemudian ada jadwal Timnas Basket Putra Indonesia yang akan berlaga di Window I FIBA Asia Cup 2025 Qualifiers. Indonesia akan bertanding melawan Thailand dan Australia.

FIBA Asia Cup 2025 nantinya akan digelar di Saudi Arabia. Namun proses kualifikasinya sudah berjalan sejak bulan Juli 2023 lalu. Tahapannya sendiri ada tiga, yaitu pra-kualifikasi, kualifikasi, dan kualifikasi terakhir. 

Pra-kualifikasi diikuti oleh negara-negara dari zona Asia dan Oceania yang tidak lolos ke babak utama FIBA Asia Cup 2023. Sedangkan mereka yang dinyatakan lolos pra-kualifikasi, akan bermain di babak kualifikasi bersama ke-16 peserta FIBA Asia Cup 2023. Jadi jumlah negara yang ikut babak kualifikasi ada 24 negara yang terbagi menjadi enam grup. 

Timnas Indonesia berada di Grup A, bersama Thailand, Korea, dan Australia. Babak kualifikasi ini akan dimainkan dalam tiga window. Pertama di bulan Februari 2024, kemudian bulan November 2024, dan terkahir di bulan Februari 2025. 

Untuk Window I, Indonesia akan menjalani dua laga. Pertama, timnas akan bertandang ke Thailand pada 22 Februari 2024. Kemudian, timnas akan pulang ke tanah air, dan dijadwalkan bertanding melawan Australia di Indonesia Arena, Jakarta, pada 25 Februari 2024. 

Nantinya dari babak kualifikasi ini, akan dipilih juara dan runner-up dari masing-masing grup yang masuk ke babak utama, atau lolos ke Saudi Arabia. Kemudian peringkat ketiga akan kembali memainkan kualifikasi terakhir untuk memperebutkan empat tiket yang tersisa. (*)

Baca Juga: Sejumlah Public Figur dan Influencer Sampaikan Dukungan untuk Penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022

0 Comments