Timnas Basket Indonesia Masih Meraba Kekuatan Guam dan Taiwan


Jun 21, 2021

Tim nasional basket Indonesia akan menggunakan playoff Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 sebagai ajang uji coba. Dalam pertandingan yang akan dihelat di Istora Senayan, Jakarta pada 12-14 Agustus nanti, tim Garuda akan berhadapan dengan Guam dan Taiwan.

Tim nasional basket Indonesia berhak melaju ke playoff setelah menempati peringkat ketiga Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Namun karena berstatus tuan rumah, Abraham Damar Grahita dkk. sudah otomatis mengunci tiket ke babak final.

Laga menghadapi Guam dan Taiwan nanti hanya akan dijadikan uji coba jelang FIBA Asia Cup 2021. Soal kekuatan, asisten pelatih tim nasional basket Indonesia, Wahyu Widayat Jati, mengaku masih meraba.

“Kalau melihat penampilan (Taiwan) mereka di Filipina kemarin, harusnya kita bisa mengimbangi permainannya. Namun saat itu mereka memakai pemain naturalisasi yang kecil, bukan bigman. Mereka punya beberapa pemain naturalisasi," ujar Wahyu.

Adapun untuk Guam, pelatih yang akrab disapa Cacing itu benar-benar buta. "Bagi coach Toro (Rajko Toroman) setiap timnas main, walau hanya sekedar uji coba, sudah ada standarnya. Jadi, kami akan tampil maksimal," ujar Cacing.