News Event

Tiga Pemain Lokal dengan Assist Tertinggi

30 March 2023
|

Peran point guard sangat penting di tim basket. Bukan hanya sekadar membuat situasi saja, melainkan mencari cara agar rekan-rekannya bisa mencetak poin. Mengirim assist menjadi salah satu ketrampilan wajib yang dimiliki point guard. Sampai seri kelima reguler season IBL Tokopedia 2023 ini, sudah ada tiga pemain lokal dengan average assist tertinggi. 

Menariknya di liga musim ini, ada empat pemain yang mencetak average assist di atas 4,0 apg. Dari empat nama tersebut, tiga diantaranya pemain lokal. Catatan yang cukup membanggakan. Ketiga pemain tersebut adalah Andakara Prastawa Dhyaksa dari Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Yudha Saputera dari Prawira Harum Bandung, dan Gregorio Claudie Wibowo dari Elang Pacific Caesar Surabaya. 

Prastawa musim ini benar-benar tampil luar biasa. Dia bisa menghasilkan 4,8 assist per game dari total 17 laga yang sudah dijalani. Tak hanya itu, Prastawa juga mampu mencetak 17,0 points per game hingga seri kelima di Semarang. Prastawa menjadi pemimpin sekaligus ujung tombak utama di tim Pelita Jaya. Selain itu, dari lembar statistik diketahui bahwa Prastawa juga punya catatan 2,8 steal per game di musim ini. 

Dua pemain di bawah Prastawa bersaing cukup ketat. Mereka adalah Yudha Saputera dan Gregorio Claudie Wibowo. Keduanya sama-sama menghasilkan 4,4 assist per game hingga seri Semarang. Yudha sudah menjalani 18 pertandingan, sedangkan Gregorio melakoni 19 pertandingan. Keduanya juga punya tugas yang hampir sama. Yudha memberi umpan bagi Brandone Francis, dan Gregorio menyuplai bola untuk Morakinyo Williams. 

Tetapi Yudha lebih unggul untuk urusan kontribusi poin. Dia mencetak 14,4 ppg dengan three points field goals sebesar 40,6%. Sedangkan Gregorio bisa menghasilkan 10,9 ppg untuk Pacific. Performa Gregorio cukup bagus, meski belum bisa mengangkat timnya dari dasar klasemen sementara. 

Sekadar informasi, bahwa pemain asing dengan average assist di atas 4,0 apg adalah Jerome Anthony Beane. Tampaknya, jika sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia, Beane akan masuk daftar ini. Karena dalam 12 pertandingan yang sudah dijalani bersama Indonesia Patriots, Beane mengoleksi 4,6 apg. (*)

Baca Juga: Efri Meldi: Saatnya Pemain Lokal Bersinar

0 Comments