Tiga MVP IBL Bergabung di Dewa United Surabaya


Oct 30, 2021

IBL musim 2022 belum dimulai, dan roster pun belum dirilis pula. Tapi beberapa klub sudah pamer kekuatan. Menariknya ada tim yang layak dijuluki tim bertabur bintang karena pemainnya. Tim tersebut adalah Dewa United Surabaya. Karena ada tiga MVP IBL membela tim tersebut. 

Nama pertama, tentu saja, Jamarr Andre Johnson. Pemain yang sudah membela Dewa United sejak musim lalu (masih bernama Louve Dewa United Surabaya). Sejatinya, Jamarr sudah berada di Louvre sejak mereka bergabung dengan IBL di tahun 2020. Tapi karena masih fokus penyembuhan cedera, maka Jamarr absen semusim. 

Pada IBL Pertamax 2021, Jamarr mencetak rata-rata 20,2 PPG dan 11,9 RPG. Bila masih bermain dengan performa seperti musim lalu, Dewa United bisa bersaing memperebutkan gelar juara musim ini. Karena musim lalu, mereka sampai di babak semifinal. 

MVP kedua yang ada dalam daftar pemain Dewa United adalah Kaleb Ramot Gemilang. Setelah juara bersama Stapac Jakarta dan meraih gelar MVP musim 2018-19, Kaleb masuk skuad Indonesia Patriots. Namun cedera lutut membuatnya terpaksa absen selama semusim. Kaleb sendiri mencetak rata-rata 12,7 PPG di musim 2018-19. Dia menjadi bagian terpenting dalam tim Stapac yang kala itu diasuh oleh Giedrius Zibenas. Stapac pada musim 2018-19 hanya kalah sekali selama satu musim, sejak reguler hingga final. 

MVP ketiga yang bergabung dengan Dewa United adalah Xaverius Prawiro. Dia terpilih sebagai MVP IBL di musim 2017-18. Saat itu dia membela Pelita Jaya dan mencetak rata-rata 10,8 PPG di musim reguler. Di bawah kendali Xaverius, Pelita Jaya hanya kalah sekali di musim reguler. Setelah itu Xaverius memilih berhenti dari basket profesional selama dua musim terakhir. 

Jamarr, Kaleb, dan Xaverius tampaknya bakal membuat serangan Dewa United makin menakutkan. Belum lagi ada nama-nama pencetak skor potensial lain di klub tersebut seperti Kevin Moses Eliazer Poetiray dan Dio Tirta Saputra. Kehadiran mereka membuat skuad asuhan Andika Supriadi Saputra layak disebut tim bertabur bintang.