Stapac Taklukkan Pacific


Mar 08, 2019

Stapac memaksa Pacific Caesar bertekuk lutut 87-66 pada gim pertama semifinal IBL Pertamax 2018-2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Jakarta, Jumat (8/3).

Pacific hanya mampu mengimbangi di babak pertama, bahkan unggul tipis 22-20. Namun sejak kuarter kedua, Stapac tak terbendung dan berbalik unggul 47-32 menutup babak pertama.

Di kuarter ketiga Agassi Yeshe Goantara dkk makin tak terkejar dan unggul 71-43. Stapac terus menjaga marjin dan akhirnya mengakhiri tim dengan selisih kemenangan 21 angka.

"Pemain kami sudah berusaha tetapi Stapac memang unggul di segala lini. Mereka tahu bagaimana mengalahkan kami," kata pelatih Pacific, Kencana Wukir.

Pelatih Stapac asal Lithuania, Giedrius Zibenas menyebut pasukan mengawali tim dengan soft tetapi kemudian bisa membaik di kuarter berikut. "Kami membuat lawan capek," katanya.

Stapac sebelumnya memberi perhatian khusus pada kapten tim Pacific, Muhammad Hardian Wicaksono yang dalam laga babak reguler melawan Stapac mencetak 26 angka. Di pertandingan Ini, Wicaksono hanya mencetak tiga angka.

Kaleb Ramot Gemilang berhasil menjaga Wicaksono dengan baik. "Kaleb melakukan tugasnya dengan baik. Dia menyerang dan membuat Wicaksono lelah," katanya.

Kaleb dan Wicaksono adalah dua kandidat peraih gelar Most Valuable Player IBL Pertamax 2018-2019.

Savon Goodman mencetak 26 angka bagi Stapac. Mei Joni menyumbang 13 poin, Kendal Yancy mengemas 12 angka dan Agassi menambah 11 poin. Agassi adalah salah satu kandidat rookie terbaik.

"Sebagai rookie, play off adalah pengalaman pertama saya. Levelnya satu tingkat di atas babak reguler. Saya hanya mau fokus tak terpengaruh omongan orang," katanya.

Meski menang telak, Stapac tak meremehkan lawan pada gim kedua Sabtu (9/3). "Gim eliminasi pasti lebih sulit. Mereka tim bagus, tak boleh diremehkan. Jika bermain santai, mereka akan menghukum kita," tegas Zibenas.

Pacific akan berusaha keras memperpanjang peluang menuju final. "Kami harus ambil pertandingan besok. Defense harus kami perbaiki," kata Wukir.

Qa'rrahan Aleem Calhoun mencatat double double dengan 27 poin dan 13 rebound. Jjuan Hadnot menyumbang 20 angka bagi Pacific.

Saksikan laga penentu di Hari Sabtu.