Semua ingin menang di Malang


Feb 07, 2019

Seri ketujuh IBL Pertamax 2018-2019 di Bima Sakti Sports Arena Malang, 8-10 February akan sangat menentukan perjalanan ke babak play off. Semua tim ingin menang di Malang untuk menjaga peluang menuju babak play off.

Dari sepuluh peserta, hanya Stapac Jakarta yang kini memimpin di Divisi Putih yang sudah memastikan tempat di babak play off. Tiket babak play off diperuntukkan tiga tim teratas masing-masing divisi, Divisi Merah dan Divisi Putih. Juara divisi otomatis menuju babak semifinal, sementara peringkat kedua dan ketiga masing-masing divisi berhadapan di babak play off.

Kami tetap fokus pada setiap pertandingan untuk meraih kemenangan, kata pelatih Stapac asal Lithuania, Giedrius Zibenas.

Pada Divisi Merah, pimpinan klasemen sementara, NSH Jakarta belum aman menapak play off. NSH kini mengantongi sembilan kemenangan. Target kami memetik 11 kemenangan di babak reguler, kata pelatih NSH, Wahyu Hidayat Jati. Kalau bisa kami ingin menjadi juara divisi agar bisa langsung menuju semifinal,?.

Wahyu ingin timnya selalu bermain pada level tertinggi yang mereka punya. Setelah seri ketiga di Bali, saya melihat para pemain seperti kehilangan rasa lapar menunjukkan yang terbaik. Seharusnya ini tak boleh terjadi, apalagi lawan lawan semakin meningkat, katanya.

Partai NSH melawan Hangtuah Sunday 10 February cukup penting bagi keduanya. Hangtuah sedikit bermasalah dengan pulangnya Gary Jacobs Jr ke USA karena ibunya sakit. Kami harus mencari penggantinya dan pasti memerlukan adaptasi, kata pelatih Hangtuah, Andika Supriadi Saputra.

Persaingan di divisi merah memang terlihat lebih sengit dibanding divisi putih. Bahkan Prawira Bandung yang sementara terbenam di dasar klasemen masih bEditorluang menggapai play off. Kemenangan atas Pacific Caesar pada seri keenam di Surabaya menambah semangat Prawira.

Kemenangan ini semoga menjadi momentum kebangkitan setelah kami gagal saat seri di Bandung. Sekarang semuanya soal mental dan menjaga fokus di setiap pertandingan. Kami tak mau bicara soal play off tetapi lebih dahulu fokus pada gim demi gim, kata asisten coach Prawira, Jerry Lolowang.

Kebangkitan juga ditunjukkan oleh juara bertahan Satria Muda Pertamina. Mereka meraih tiga kemenangan beruntun di Surabaya.?Di Malang kami mencari kemenangan. Kami akan coba mengejar posisi NSH di puncak klasemen, kata pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh. Terus terang, kami nyaman dengan posisi sebagai pengejar,?.

Setelah empat kekalahan beruntun sebelumnya, Satria Muda kini serius berbenah. Juara bertahan ini mendatangkan Kevin Bridgewaters untuk khusus menangani point guard mereka. Kevin membantu khusus menangani point guard, jadi saya bisa lebih fokus menangani tim, ujar Youbel.

Hasil buruk justru diderita Pacific Caesar Surabaya. Di kandang sendiri mereka kalah tiga kali. Ini mimpi buruk. Saya bertanggung jawab, kata pelatih Pacific, Kencana Wukir. Kami masih akan tetap bertarung untuk play off, tegas Wukir.

Di Malang, Pacific akan bertarung melawan tiga tim sesama divisi putih, Pelita Jaya, Bogor Siliwangi dan Satya Wacana Salatiga. Kami akan bertarung all out agar bisa mendapat tiket play off, kata bintang impor Satya Wacana, Maddarious Gibbs.