News Event

Selamat Jalan, Suk Danny Kosasih

05 September 2024
|

Selamat jalan, Bapak Danny Kosasih. Hari ini, Kamis (5/8) malam, Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dikabarkan meninggal dunia. Pria yang akrab disapa Suk Danny ini meninggal dunia di usia 69 tahun karena serangan jantung, di RS Medistra, Jakarta. Semangat juang Suk Danny yang luar biasa, jasa dan dedikasinya terhadap olahraga basket di Indonesia akan selalu dikenang. 

Lahir di Semarang tepatnya pada 20 Februari 1955 dengan nama lahir Kho Po Thay, Suk Danny mengawali kecintaannya terhadap bola basket dari ayahnya. Suk Danny mulai mengikuti latihan di perumpulan bola basket Kuo You Hui Semarang (Sekarang Perkumpulan Bola Basket Kumala Jaya). Dari klub tersebut dia tumbuh sebagai pemain basket. 

Pada Tahun 1973, Suk Danny terpilih menjadi salah satu pemain untuk mewakili Jawa Tengah dalam Kompetisi Nasional Bola Basket Pelajar di Jakarta dan pada kompetisi tersebut Suk Danny terpilih sebagai pemain terbaik. Namun kariernya sebagai pemain tidak secemerlang ketika menjadi pelatih. 

Salah satu warisannya di basket profesional adalah menjadi pelatih pertama Satya Wacana Salatiga saat mengarungi liga profesional. Coach Danny menjadi pelatih Satya Wacana selama dua musim kompetisi (2010-11 dan 2011-12). Coach Danny meninggalkan Satya Wacana setelah mendapatkan mandat dari PP Perbasi untuk menjadi pelatih Timnas U18 di tahun 2012. 

Namanya semakin dikenal setelah Coach Danny terpilih sebagai Ketua Umum PP Perbasi pada tahun 2015. Di masa kepemimpinan Danny Kosasih, Perbasi meraih kejayaannya, seperti meraih medali emas SEA Games untuk kategori putra dan putri, kemudian menjadi tuan rumah ajang bergengsi, FIBA Asia Cup 2022 dan FIBA Basketball World Cup 2023. 

Selamat Jalan Suk Danny. Jasa-jasamu untuk basket Indonesia akan selalu dikenang sepanjang masa. (*)

Baca Juga: Bambang Susanto, Antara Dedikasi dan Pengorbanan

0 Comments