Satya Wacana Wajib Menang dari Elang Pacific untuk Jaga Peluang Playoffs


Nov 09, 2022

Situasi menegangkan terjadi di Grup A, di mana Satya Wacana Salatiga membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa mereka ke Playoffs IBL Indonesia Cup 2022. Namun lawannya kali ini tidak mudah, karena Elang Pacific Caesar akan bermain lebih lepas. Mereka sudah jelas tidak lolos, tapi bisa menyulitkan rencana Satya Wacana. 

Satya Wacana dan NSH Mountain Gold Timika sama-sama mengoleksi poin tiga. Hasil dari satu kemenangan dan satu kekalahan. Sebaliknya Pacific sudah dua kali kalah berturut-turut. Sehingga mereka menempati peringkat terbawah di klasemen. Tapi Pacific bukan tim yang buruk. Mereka hanya kurang tenang dalam penyelesaian akhir, sehingga tertinggal dari lawan-lawannya. 

Kalau melihat data statistik dalam dua pertandingan Pacific sebelumnya, mereka selalu bisa menciptakan attempt di atas 70. Namun dari jumlah tersebut hanya sekitar 20 yang tepat sasaran. Turnovers juga menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pacific, kalau mereka tidak ingin kalah lagi di pertandingan terakhir babak penyisihan ini. 

Masalah di Satya Wacana juga sama, yaitu turnovers. Tapi Satya Wacana punya senjata ampuh di paint area. Bigman seperti Henry Lakay dan Randy Ady Prastya mampu menutupi kekurangan Satya Wacana. Sementara peran Febrianus Khiandio juga sangat penting di tim asuhan coach Jerry Lolowang. Hanya saja, masalah yang paling utama di Satya Wacana adalah attempt. Mereka kurang dalam melakukan penetrasi. Setiap posession yang didapatkan belum tentu menjadi attempt. 

Pertandingan ini sangat penting bagi Satya Wacana. Namun mereka harus melewati hadangan Elang Pacific yang bermain bagus. Saksikan pertandingan ini di Sritex Arena, Solo. Tip-off dimulai pukul 11.30 WIB. (*)