News Event

Satu Kaki Prawira Menginjak Final IBL 2023

13 July 2023
|

Prawira Harum Bandung sukses mencuri kemenangan di kandang Dewa United Banten. Prawira menang 83-74 pada Game 1 Semifinals IBL Tokopedia 2023, di Sritex Arena Solo. Lewat kemenangan tersebut, Prawira sudah unggul 1-0 dari Dewa United. Artinya, satu kaki mereka sudah menginjak babak final. 

Dewa United sempat struggle di babak pertama. Penyebabnya, mereka bermain tidak sesuai dengan instruksi pelatih. Dewa United tertinggal delapan angka (39-47) saat turun minum. Rapuhnya defense Dewa United membuat Brandone Francis semakin menggila. 

Francis dan Yudha Saputera membuat penampilan luar biasa setelah jeda. Mereka berdua mengumpulkan 12 poin di lima menit kuarter ketiga untuk membawa Prawira unggul 13 angka (61-48). Beruntung Dewa United bisa menurunkan margin tersebut setelah Colome masuk, menggantikan Anthony Johnson. Kuarter ketiga ditutup dengan skor 65-58 untuk keunggulan Prawira. 

Di kuarter keempat, Dewa United sebenarnya punya momentum setelah Dio Tirta memasukkan three point. Kedua tim hanya berjarak tujuh angka (61-68). Tapi mereka tidak bisa mempertahankan kesempatan ini. Malah Jarred Shaw sukses mengembalikan keunggulan Prawira kembali ke 13 angka (74-61). 

"Kami sudah bersiap untuk game kali ini. Jadi kami bisa melewatinya dengan baik. Kami terus mengumpulkan kemenangan di tiga pemain playoffs. Saya hanya ingin fokus pada pertandingan saja. Kita tahu pekerjaan kami belum selesai, kami akan memenangkan pertandingan selanjutnya," kata Brandone Francis. 

Dari catatan statistik, sangat jelas bahwa kali ini bukan hari yang bagus bagi Dewa United. Mereka hanya punya field goals 38%, sangat jauh dari Prawira yang punya 48%. Padahal bila dilihat dari attempt, Dewa United lebih banyak ketimbang Prawira dengan perbandingan 67 dibanding 58. Tetapi mereka seperti terburu-buru dalam menyerang. Sehingga sangat sedikit yang bisa dikonversi menjadi poin. 

Poin terbanyak dari kubu tuan rumah justru dipersembahkan oleh Yeison Yan Colome, yang notabene pemain bench. Dia mencetak 25 poin, ditambah empat rebound, dan empat assist. Anthony Johnson kali ini mendulang 17 angka. Sementara Kaleb Ramot Gemilang terkunci dengan hanya mencetak delapan angka. 

Dari kubu Prawira, Brandone Francis mencetak 29 poin, Jarred Shaw menyumbang 18 poin, dan terakhir Yudha Saputera mencetak 16 poin dengan tiga kali three point dari lima attempt. Prawira kini sudah unggul 1-0. Game 2 akan berlangsung di C-Tra Arena, pada Sabtu (15/7). (*)

Baca Juga: Cassiopeia Manuputty Cedera, Butuh Seminggu Pemulihan

0 Comments