Satria Muda Tancap Gas di Kuarter Pertama


Nov 10, 2022

Sangat penting bagi Satria Muda Pertamina Jakarta atau Satya Wacana Salatiga untuk memenangkan laga ini. Karena format pertandingan untuk quarter finals IBL Indonesia Cup 2022 adalah sistem gugur. Jadi kedua tim butuh kemenangan untuk bisa melaju ke babak berikutnya. Di laga kali ini, Satria Muda sepertinya tidak ingin membuang-buang waktu. 

Untuk pertandingan quarter finals ini, head coach Youbel Sondakh menampilkan Arki Dikania Wisnu dan M. Sandy Ibrahim Aziz. Keduanya memang pemain yang sebenarnya menghuni tim inti SM. Kemudian tiga pemain lainnya adalah Hardianus, Antoni Erga, dan Juan Laurent Kokodiputra. Kehadiran Arki membuat para pemain Satya Wacana kocar kacir. 

Sementara dari Satya Wacana, head coach Jerry Lolowang berusaha mengimbangi starter SM, dengan memainkan lima pemain terbaiknya. Mereka adalah Calvin Biyantaka, Mikael Baliba, Randy Ady Prasteya, Febrianus Khiandio, dan kapten tim Henry Cornelis Lakay. Ternyata starter yang dimiliki Satya Wacana tidak cukup untuk menahan serangan juara bertahan. 

Sejak tip-off, SM terus mencetak poin hingga membuat skor jadi 17-0. Turnover demi turnover terus dibuat oleh anak-anak Satya Wacana, sampai mereka kesulitan mendapatkan attempt. Coach Jerry Lolowang sebenarnya sudah melakukan cara untuk memotong momentum SM. Tapi tidak berhasil. Satya Wacana baru memecah kebuntuan di sisa waktu tiga menit melalui three point Baliba. 

SM menutup kuarter pertama dengan keunggulan 24-8. Dengan jarak selebar itu, dan dengan akurasi tembakan yang buruk, bakal sulit bagi Satya Wacana untuk menyusul SM. (*)