News Event

Satria Muda Susul Pelita Jaya ke Semifinal

08 July 2023
|

Satria Muda Pertamina Jakarta memastikan langkah ke semifinal, setelah menyingkirkan Bali United Basketball Club. Satria Muda menang 75-67 di Britama Arena, Sabtu (8/7) malam. Lewat kemenangan tersebut, Satria Muda unggul 2-0 dari Bali United. Mereka sudah ditunggu Pelita Jaya di babak semifinal. 

Bukan mudah untuk menaklukkan Bali United di Game 2 ini. Karena mereka tampil habis-habisan, dan mengimbangi permainan Satria Muda. Di babak pertama, Bali United unggul 44-43. Sementara itu, kurangnya koordinasi membuat Bali United mengalami penurunan performa di babak kedua. 

Selepas turun minum, Satria Muda tidak membiarkan permainan Bali United berkembang. Khususnya dalam offense. Bali United hanya memasukkan 23 poin di babak kedua. Sehingga mereka harus rela tersingkir dari playoffs IBL tahun ini. Secara keseluruhan, Bali United memang bagus dalam offense, tetapi lemah dari sisi defense. 

Dalam lembar statistik terlihat jelas perbedaan di rebound. Satria Muda unggul rebound dengan perbandingan 49-27. Satria Muda membuat 18 offensive rebound. Mereka memasukkan 34 points in the paint. Dua pemain Satria Muda mencetak double digit point yakni Juan Laurent Kokodiputra (16 poin), dan Arki Dikania Wisnu (13 poin). 

Sebaliknya dari Bali United, Dior Lowhorn menyelesaikan laga dengan double-double (17 poin dan 10 rebound). Faktor lain yang menyebabkan Bali United kalah di pertemuan kedua adalah free throw. Mereka punya 22 kesempatan free throw, namun hanya 12 free throw yang dieksekusi dengan baik. Padahal untuk laga kali ini, Bali United bisa membuat field goals 42,6%, atau memasukkan 23 tembakan dari 54 attempt, termasuk sembilan three point. 

"Bersyukur kami bisa menang. Kami akan segera bersiap menyambut semifinal. Karena waktunya tidak banyak. Lawannya adalah Pelita Jaya, yang memang tidak mudah untuk dikalahkan," kata Juan Laurent Kokodiputra. 

Dalam dua tahun terakhir, Satria Muda dan Pelita Jaya selalu bertemu di partai puncak. Kali ini berbeda, karena mereka harus bersaing di babak semifinal. Jadi seri best-of-three semifinal ini bakal sangat menarik. Mengingat kedua tim sama-sama menargetkan untuk bisa meraih gelar juara musim ini. (*)

Baca Juga: Menolak Lupa: Pelita Jaya EMP Jakarta Juara IBL 2017, Liga Era Baru

0 Comments