News Event

Satria Muda Datangkan Rick Jackson untuk Gantikan AJ West

22 May 2023
|

Sulit bagi Satria Muda Pertamina Jakarta untuk menemukan pengganti Allen Jeffrey West, yang sudah pamit sebelum seri Semarang. Baru setelah liga akan dilanjutkan kembali, Satria Muda akhirnya memperkenalkan pemain barunya. Dia adalah Richard Kadeem Jackson, atau yang akrab disapa Rick Jackson. 

Allen West mengundurkan diri dari tim Satria Muda Pertamina (SM Pertamina) efektif pada hari Selasa (21/2). Pemain yang dipilih pada putaran kedua IBL Draft November lalu ini memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya bersama SM Pertamina lebih awal atas alasan kepentingan keluarga yang mendesak.

AJ West yang selama di SM Pertamina mengenakan kostum nomor 25 sempat bermain sebanyak 10 pertandingan untuk SM Pertamina dengan rataan waktu bermain sebesar 16 menit pada setiap pertandingan. Dia mencetak rata-rata 8,2 ppg dan 10,7 rpg, yang sempat menduduki peringkat teratas average rebound di liga. Pemain yang sebelumnya sempat memperkuat Wesports Malaysia Dragons di ASEAN Basketball League pada tahun 2019 ini menyampaikan niatnya untuk pulang ke Amerika Serikat selepas Seri III IBL di Surabaya berakhir.

"Keputusan AJ (West) memang cukup mengejutkan bagi kami, namun setelah berdiskusi empat mata dengannya, kami mendapat sinyal bahwa keinginannya sudah bulat untuk kembali ke Amerika Serikat. Mulanya kami harap dia bisa terus bersama tim setidaknya hingga paruh musim, namun kita harus menghormati kemauan dan alasan yang Ia sampaikan," ujar Rony Gunawan, Wakil Presiden bidang bola basket Satria Muda.

Satria Muda bermain hanya dengan satu pemain asing selama dua seri. Meski sulit, namun mereka tetap berada di jalurnya. Tanpa AJ West, Satria Muda masih bisa mencetak rekor 6-1. Tapi mereka tetap membutuhkan pemain asing kedua, sebagai pelapis dari Elijah Foster. 

Awalnya Satria Muda mengajukan nama Michael Olayinka Fakuade. Tapi pemain tersebut tidak bisa datang karena cedera. Hingga akhirnya Satria Muda menemukan nama Richard Kadeem Jackson. Dia adalah pemain 33 tahun yang berasal dari Philadelphia, Amerika Serikat. Terakhir Rick Jackson bermain untuk tim Olimpia di Liga Uruguay. Dia punya rekor 2,3 ppg, 3,7 rpg, dan 1,0 apg dalam tiga pertandingan. Rick Jackson sebelumnya juga pernah membela Rain or Shine Elasto Painters di liga basket Filipina. 

Dengan skuad yang lengkap, maka dominasi Satria Muda di liga akan dilanjutkan kembali. Mereka kini menduduki puncak klasemen sementara IBL Tokopedia 2023 dengan 17 kali menang dan sekali kalah. (*)

Baca Juga: Andre Jackson Siap Bantu Evos Melesat ke Playoffs

0 Comments