News Event

Satria Muda dan Pelita Jaya yang Sempurna di Penyisihan Grup

17 September 2023
|

IBL Tokopedia 3x3 Indonesia Tour 2023 seri pertama berlangsung di Tangerang, 16-17 September. Pada hari pertama, penyisihan grup berlangsung sengit. Dari ke-15 tim peserta Elite, hanya Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang tampil sempurna. Sisanya, mereka setidaknya menelan satu kekalahan. 

Dimulai dari Pool A, dimana Satria Muda mendapatkan grup mudah dengan berisi tiga tim saja. Kali ini mereka bisa menang melawan Amartha Hangtuah Jakarta (15-7), dan Dewa United Banten (9-17). Dewa United tersingkir di babak penyisihan karena kalah (9-13) dari Hangtuah. Sehingga dari Pool A, Satria Muda dan Hangtuah yang lolos fase berikutnya. 

Pool B cukup berat, karena ada Satya Wacana Salatiga, Bumi Borneo Basketball Pontianak, Tangerang Hawks Basketball, dan Bali United Basketball Club. Satya Wacana yang awalnya kalah (5-12) dari Bali United, berhasil bangkit dengan menundukkan Bumi Borneo (10-5), dan Hawks (9-7). Sehingga mereka lolos ke babak kedua. Sementara tim yang ada di peringkat kedua adalah Bumi Borneo karena meski sempat kalah dari Satya Wacana, Bumi Borneo menang melawan Hawks (12-11), dan Bali United (17-5). Hawks dan Bali United tersingkir, namun mereka sama-sama mengumpulkan satu kemenangan dari tiga laga. 

Bergeser ke Pool C, di mana jalan ceritanya hampir sama dengan Pool B. West Bandits Solo tampil luar biasa dengan membungkus dua kemenangan dari Bima Perkasa Jogja (14-13) dan Evos Thunder Bogor (9-6). Tetapi mereka kalah (14-17) dari Pacific Caesar Surabaya di laga terakhir babak penyisihan. Sementara yang menemani West Bandits ke babak kedua adalah Bima Perkasa. Mereka menang melawan Pacific (16-15) dan Evos (7-6). Evos dan Pacific sama-sama tidak lolos, karena hanya menang sekali di babak penyisihan grup. 

Terakhir di Pool D, Pelita Jaya Bakrie Jakarta mendominasi. Meski hanya berangkat dengan skuad minimali, Pelita Jaya berhasil menyapu bersih babak penyisihan. Mereka menang melawan Prawira Harum Bandung (12-11), Mountain Gold Timika (7-6), dan RANS PIK Basketball (15-14). Di peringkat kedua, RANS berhasil lolos karena mereka menang dua kali, melawan Mountain Gold (13-10) dan Prawira (14-11). Kejutan justru datang dari Prawira, karena mereka tak lolos ke fase berikutnya. Karena hanya menang sekali melawan Mountain Gold (21-7). Sedangkan Mountain Gold kalah di semua laga babak penyisihan grup. 

Bagan pertandingan untuk perempat final sudah terbentuk. Satria Muda sebagai juara Pool A akan berhadapan dengan Bima Perkasa (runner-up Pool C). Laga ini merupakan ulangan final tahun 2022, di mana Bima Perkasa yang akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Satria Muda. 

Perempat final selanjutnya adalah Pelita Jaya sebagai juara Pool D berhadapan dengan runner-up Pool B, yakni Bumi Borneo. Satya Wacana Salatiga (juara Pool B) berhadapan dengan RANS PIK (runner-up Pool D), dan terakhir ada West Bandits (juara Pool C) berhadapan dengan Hangtuah (runner-up Pool A). Mulai pertandingan perempat final hingga final dilaksanakan dengan sistem gugur, pada hari Minggu (17/9). (*)

Baca Juga: Duel Seru Menanti di Laga Klasifikasi

0 Comments