Rizky Effendi Tetap Bugar di Masa Pandemi


Jun 20, 2020

Penggawa NSH Jakarta, Rizky Effendi, tak mengendurkan latihan selama pandemi virus corona. Latihan rutin tetap dijalani demi menjaga kondisi fisik.

Dalam sesi live Instagram dengan fittualfest, Rizky bercerita tentang bagaimana caranya melakukan latihan dari rumah. Program rutin juga diberikan NSH Jakarta agar para pemainnya bisa kembali ke lapangan kapanpun.

“Selama di rumah latihannya memang hanya penguatan. Terkadang juga ada jumping rope, jumping jacks. Kalau bisa juga latihan shooting atau dribling kalau ada lapangan di dekat rumah,” ujar Rizky saat berbincang dengan fittualfest.

“Kondisi fisik tidak boleh menurun selama pandemi ini. Apalagi, IBL sudah mau dimulai,” sambungnya.

Bagi Rizky, latihan di masa pandemi tak hanya sekadar menjaga kondisi fisik. Pebasket dengan tingg bada 184 cm itu juga masih dalam masa pemulihan cedera.

Cedera tersebut didapat Rizky saat melakukan seleksi tim nasional 3x3 untuk SEA Games 2019. “Recoverynya lumayan memakan waktu karena harus operasi lutut,” tutur Rizky.

Meski harus mengalami cedera, Rizky tak pernah menyesal mengenal dan menjalani karier sebagai pebasket profesional. Lewat basket, Rizky bisa hidup tanpa bergantung dengan orang tua sejak Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Basket bisa menjauhkan saya dari hal buruk seperti narkoba, pastinya juga bisa sehat. Selain itu, bisa membantu orang tua secara finansial. Dari SMA, saya sudah tidak merepotkan orang tua karena tidak lagi minta uang jajan,” tutur pemain kelahiran 1988 itu.